“Sebaiknya tempat tidur ini diletakkan di sisi …, oh bukan, begini saja …” “Uhm, menurutku meja kecil ini lebih indah dilihat jika diberi …” “Bagaimana kalau lampu jenis ini saja yang digunakan untuk ruang keluarga?”

 

Mungkin celotehan-celotehan kecil di atas sering kamu ungkapkan ketika seseorang sedang menata barang-barang dalam rumah mereka. Jika memang demikian, kemungkinan kamu memang memiliki bakat untuk menata sebuah ruangan/rumah menjadi indah dilihat oleh penghuninya. Jika kamu merasa bakatmu mendominasi di bidang tersebut, tidak ada salahnya jika kamu menggali bakatmu lebih dalam dengan memilih untuk melanjutkan studi di jurusan Desain Interior.

Jurusan Desain Interior menggali ilmu-ilmu mengenai perancangan dan penataan ruang dalam rumah tinggal, perkantoran, hotel, plaza, serta layout display dan tata panggung pertunjukan. Jurusan ini melengkapi fungsi arsitektur, dalam hal penataan ruang. Oleh sebab itu, materi-materi perkuliahan yang diajarkan, antara lain:

  1. Menggambar Teknik
  2. Nirmana 2 Dimensi
  3. Menggambar Ekspresif
  4. Pengetahuan Bahan
  5. Utilitas Bangunan
  6. Aplikasi Komputer (Autocad, 3D Max)
  7. Studio Desain Interior
  8. Studio Desain Mebel
  9. Manajemen Desain
  10. Ergonomi
  11. Fengsui Interior

Lulus dari studi, para lulusan dapat mengembangkan karir sebagai konsultan interior perumahan dan staf perancang tata ruang dalam.

 

Referensi:

http://www.istp.ac.id/main.php?page=desain_interior