Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Culinary Arts (Seni Kuliner)


Jurusan Seni Kuliner (Culinary Arts) disediakan untuk kamu yang hobi memasak dan memiliki passion di bidang kuliner. Sesuai dengan namanya, Seni Kuliner, jurusan ini tidak hanya mengajarkan bagaimana cara membuat masakan-masakan lezat dari berbagai negara dan budaya di dunia, tapi juga bagaimana menata dan mendekorasi masakan-masakan tersebut agar terlihat menarik.

 

Seni kuliner menekankan pada pengetahuan tentang bahan dasar makanan juga nutrisi yang terkandung dalam bahan dasar tersebut, juga teknik pengolahannya dengan menggunakan berbagai macam alat-alat industri makanan.

 

Pada umumnya, jurusan Seni Kuliner memiliki dua bidang peminatan, yaitu:

1. Kuliner Umum

Mempelajari teknik pembuatan, pengolahan, dan penyajian masakan yang yang berkualitas dan higienis.

2. Baking dan Pastry

Berkofus pada roti/kue baik tradisional maupun modern dari seluruh penjuru dunia, juga confectionary (permen, es krim, coklat). Yang dipelajri adalah pengetahuan tentang bahan-bahan untuk membuat roti dan teknik pembuatannya dengan alat-alat khusus seperti oven dan mixer.

 

Masa perkuliahan tentu saja akan banyak diisi dengan kegiatan praktik di dapur. Dapur yang disediakan di kelas Seni Kuliner tentu saja berbeda dengan dapur rumahan. Peralatan yang disediakan sangat lengkap, sesuai dengan standar restoran internasional sehingga lulusannya siap bekerja di dalam maupun luar negeri, di restoran atau hotel bertaraf internasional. Kegiatan belajar dibimbing oleh juru masak yang sudah memiliki banyak pengalaman di industri. Beberapa universitas/akademi yang memiliki jurusan Seni Kuliner biasanya sudah menjalin kerja sama dengan restoran atau hotel ternama untuk pelaksanaan program magang bagi para mahasiswanya. Sebagian lainnya membebaskan mahasiswanya untuk memilih sendiri tempat magang yang sesuai dengan keinginan mereka.

 

Setelah lulus dari jurusan ini, mahasiswa jurusan Seni Kuliner memiliki peluang untuk bekerja sebagai chef atau food stylist baik di restoran, kapal pesiar, hotel, atau dapat pula memulai bisnis pribadi di bidang kuliner dengan cara membuka rumah makan, toko kue, atau usaha catering.

 

Profesi chef termasuk salah satu profesi yang cukup menjanjikan apabila kita benar-benar memiliki keahlian dan kreativitas di bidang kuliner. Salah satu chef yang namanya tidak asing di telinga kita adalah Chef Juna. Dia adalah spesialis makanan Jepang dan Perancis, pernah menjadi executive chef di restoran Jack Rabbit, dan saat ini sedang disibukkan dengan program acara masak-memasak di salah satu stasiun televisi swasta.

 

 

Referensi:

http://www.hotcourses.co.id/study-abroad-info/subject-info/jurusan-seni-kuliner-di-luar-negri/

http://www.majapahit.org/program-keahlian-kuliner

http://id.wikipedia.org/wiki/Juna_Rorimpandey


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


95.8%Indonesia Indonesia
1.9%United States United States
0.6%Singapore Singapore
0.2%Russian Federation Russian Federation
0.2%Malaysia Malaysia
0.1%Hong Kong Hong Kong
0.1%Japan Japan
0.1%Taiwan Taiwan
0%Australia Australia
0%Netherlands Netherlands

Today: 82
Yesterday: 124
This Week: 816
Last Week: 986
This Month: 460
Last Month: 22042
Total: 835466
Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi