Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Culinary Arts (Seni Kuliner)


Juru­san Seni Kulin­er (Culi­nary Arts) dise­di­akan untuk kamu yang hobi memasak dan memi­liki pas­sion di bidang kulin­er. Sesuai den­gan namanya, Seni Kulin­er, juru­san ini tidak hanya men­ga­jarkan bagaimana cara mem­bu­at masakan-masakan lezat dari berba­gai negara dan budaya di dunia, tapi juga bagaimana menata dan mendeko­rasi masakan-masakan terse­but agar ter­li­hat menarik.

 

Seni kulin­er menekankan pada penge­tahuan ten­tang bahan dasar makanan juga nutrisi yang terkan­dung dalam bahan dasar terse­but, juga teknik pen­go­la­han­nya den­gan meng­gu­nakan berba­gai macam alat-alat indus­tri makanan.

 

Pada umum­nya, juru­san Seni Kulin­er memi­liki dua bidang pem­i­natan, yaitu:

1. Kulin­er Umum

Mem­pela­jari teknik pem­bu­atan, pen­go­la­han, dan penya­jian masakan yang yang berkual­i­tas dan higien­is.

2. Bak­ing dan Pas­try

Berko­fus pada roti/kue baik tra­di­sion­al maupun mod­ern dari selu­ruh pen­ju­ru dunia, juga con­fec­tionary (per­men, es krim, cok­lat). Yang dipela­jri adalah penge­tahuan ten­tang bahan-bahan untuk mem­bu­at roti dan teknik pem­bu­atan­nya den­gan alat-alat khusus seper­ti oven dan mix­er.

 

Masa perku­li­a­han ten­tu saja akan banyak diisi den­gan kegiatan prak­tik di dapur. Dapur yang dise­di­akan di kelas Seni Kulin­er ten­tu saja berbe­da den­gan dapur ruma­han. Per­ala­tan yang dise­di­akan san­gat lengkap, sesuai den­gan stan­dar restoran inter­na­sion­al sehing­ga lulu­san­nya siap bek­er­ja di dalam maupun luar negeri, di restoran atau hotel bertaraf inter­na­sion­al. Kegiatan bela­jar dibimb­ing oleh juru masak yang sudah memi­liki banyak pen­gala­man di indus­tri. Beber­a­pa universitas/akademi yang memi­liki juru­san Seni Kulin­er biasanya sudah men­jal­in ker­ja sama den­gan restoran atau hotel ter­na­ma untuk pelak­sanaan pro­gram mag­a­ng bagi para maha­siswanya. Seba­gian lain­nya mem­be­baskan maha­siswanya untuk memil­ih sendiri tem­pat mag­a­ng yang sesuai den­gan keing­i­nan mereka.

 

Sete­lah lulus dari juru­san ini, maha­siswa juru­san Seni Kulin­er memi­liki pelu­ang untuk bek­er­ja seba­gai chef atau food styl­ist baik di restoran, kapal pesiar, hotel, atau dap­at pula mem­u­lai bis­nis prib­adi di bidang kulin­er den­gan cara mem­buka rumah makan, toko kue, atau usa­ha cater­ing.

 

Pro­fe­si chef ter­ma­suk salah satu pro­fe­si yang cukup men­jan­jikan apa­bi­la kita benar-benar memi­liki keahlian dan kreativ­i­tas di bidang kulin­er. Salah satu chef yang namanya tidak asing di telin­ga kita adalah Chef Juna. Dia adalah spe­sial­is makanan Jepang dan Per­an­cis, per­nah men­jadi exec­u­tive chef di restoran Jack Rab­bit, dan saat ini sedang dis­i­bukkan den­gan pro­gram acara masak-memasak di salah satu sta­si­un tele­visi swasta.

 

 

Ref­er­en­si:

http://www.hotcourses.co.id/study-abroad-info/subject-info/jurusan-seni-kuliner-di-luar-negri/

http://www.majapahit.org/program-keahlian-kuliner

http://id.wikipedia.org/wiki/Juna_Rorimpandey


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi