0828-9405-9829

Ilmu Biokimia adalah ilmu yang mempelajari tentang peranan berbagai molekul dalam reaksi kimia dan proses yang berlangsung dalam makhluk hidup. Ilmu Ini melibatkan kajian mengenai bermacam-macam perubahan reaksi kimia yang terjadi di dalam sel, misalnya berbagai reaksi dalam pembuatan (sintesis) protein, pengubahan zat makanan menjadi energi, dan penghantaran (transmisi) sifat-sifat genetik.

Jangkauan ilmu Biokimia sangat luas sesuai dengan kehidupan itu sendiri. Tidak hanya mempelajari proses yang berlangsung dalam tubuh manusia, ilmu Biokimia juga mempelajari berbagai proses pada organisme mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks.

 

Dalam mempelajari bidang studi Biokimia, kita akan mengkaji lebih jauh tentang reaksi kimia dalam molekul sel makhluk hidup, termasuk sintesis protein yang menjadi asal mula kehidupan suatu sel. Ada pula subbab mengenai transmisi genetik yang menjadi dasar saat mempelajari reaksi metabolisme serta jalur penting metabolisme. Untuk itu, diperlukan pemahaman tentang lipid, karbohidrat, asam nukleat, serta protein yang kesemuanya akan kamu pelajari dengan lengkap pada semester awal perkuliahan Biokimia. Dasar-dasar dalam penguasaan mata pelajaran matematika, biologi, serta kimia juga berperan penting di jurusan ini.

 

Peluang karir pada lulusan jurusan ini adalah menjadi peneliti biokimia di laboratorium-laboratorium yang tersedia baik di institusi pemerintah maupun perusahaan biokimia. Selain itu, kamu juga berpeluang menjadi tenaga pengajar atau peneliti profesional dengan mengambil studi S2 dan S3 Biokimia lebih lanjut.

 
Referensi:

http://biokimia.ipb.ac.id/biokimiaipb/ (diakses pada 9 Maret 2015)

http://fk.ui.ac.id/?page=content.view&alias=departemen_biokimia (diakses pada 9 Maret 2015)

http://mjeducation.com/biokimia-ipb-salah-satu-program-studi-termuda-di-indonesia/ (diakses pada 9 Maret 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *