Pernah mampir ke ruang BK di sekolahmu? Pastinya kamu pernah dengar tentang kasus-kasus siswa yang bermasalah sehingga dipanggil oleh guru BK. Sebenarnya ini adalah perspektif yang sempit tentang Bimbingan dan Konseling, yang sebenarnya bukan hanya menangani siswa bermasalah saja. Staf BK telah dididik dan dilatih untuk memberikan jasa konsultasi tentang pendidikan dan karir, juga masalah pribadi yang menyangkut psikologi anak muda. Untuk kalian yang biasanya dijadikan tempat ‘curhat’ oleh teman-teman kalian dan kalian tipe orang yang sabar mengengarkan juga memberikan masukan ke anak-anak muda, profesi BK membutuhkan orang-orang seperti kalian.

Bimbingan dan Konseling adalah jasa yang disediakan oleh konselor kepada klien agar klien mampu menyelesaikan masalah yang dihadapinya dan membantu klien mengembangkan potensi yang dimilikinya. Pendidikan Bimbingan dan Konseling mempersiapkan mahasiswa menjadi konselor yang terlatih dengan topik-topik seperti: Perkembangan Peserta Didik, Psikologi Pendidikan, Pemahaman Perilaku, Kesehatan Mental, Bimbingan dan Konseling Belajar, Pribadi-Sosial dan Karir. Selama kuliah mahasiswa akan menjalankan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang biasanya dilakukan di lingkungan sekolah sebagai asisten guru BK untuk praktik konseling terhadap siswa

Dalam jurusan BK, terdapat beberapa konsentrasi atau minat studi di tingkat S1, di antaranya adalah BK tingkat TK dan SD, sekolah menengah, sekolah kejuruan, perguruan tinggi dan BK untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Untuk studi tingkat lanjut, mahasiswa dapat membangun spesialisasi dalam bidang konseling; contohnya konseling rehabilitasi untuk pecandu narkoba, keluarga dan pernikahan, juga konseling industri.

Lulusan S1 Bimbingan dan Konseling berkesempatan untuk bekerja di sekolah sebagai guru BK, juga membuka praktik pribadi sebagai konselor dengan spesialisasi khusus untuk klien pribadi maupun instansi. Sebagai guru BK, kamu memiliki kesempatan emas untuk memberikan kontribusi untuk masa depan generasi muda Indonesia sehingga mereka tumbuh dengan mental yang sehat dan pandangan yang positif terhadap potensi dan masa depan mereka. Sebagai, seorang konselor di dunia usaha dan industri, kamu akan menangani penempatan kerja, masa penyesuaian pegawai baru, masalah kepuasan kerja dan mutasi.

 

Referensi:

Ruang Lingkup Kerja Konselor Di Dunia Usaha Dan Industri, Counseling Care Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *