Mendengar kata ‘Jerman’, maka bagi sebagian besar dari kamu langsung mengingat seorang tokoh keji dari negara tersebut, Hitler. Namun, di era postmodern seperti sekarang ini, banyak dari kamu yang tak lagi mengaitkan kata ‘Jerman’ dengan Hitler. Malahan sudah banyak anak muda di Indonesia yang tertarik untuk mempelajari seluk beluk bahasa Jerman. Berbagai motivasi mendasari ketertarikan tersebut, ada yang tertarik mempelajari bahasa Jerman karena bermimpi untuk tinggal di Jerman, ada yang sekedar ingin menambah wawasan atau kemampuan berbahasa asing, hingga ada pula yang belajar karena ‘terpaksa’ yakni mengikuti jadwal pelajaran di sekolah. Apapun motivasinya, mempelajari bahasa Jerman bisa ditekuni hingga ke ranah profesional.

Sama seperti belajar di jurusan bahasa asing lainnya, belajar di jurusan bahasa dan sastra Jerman mencakup tata bahasa, baik lisan maupun tulisan, kesusastraan Jerman, hingga budaya negara Jerman. Beberapa mata kuliah yang ditawarkan dalam jurusan ini, di antaranya:

  • DEUTSCH FÜR ANFÄNGER

Pembelajaran tata bahasa dasar dan kosa kata Bahasa Jerman, serta penggunaannya dalam konteks yang sesuai dengan situasi komunikasi yang dipelajari, mencakup keterampilan mendengar, membaca, berbicara dan menulis dalam berbagai situasi dan konteks komunikasi.

  • MÜNDLICHER AUSDRUCK  dan KONVERSATION

Mata kuliah ini mencakup pelatihan percakapan dan atau pengungkapan secara lisan menggunakan bahasa Jerman tentang berbagai tema dalam keseharian manusia (Begrüßung, sich vorstellen, Tagesablauf, Wohnen, Essen, Freizeit-Ferien-Urlaub, Wege-Beschreibung, Verabredung, Erlebnisse, und relevante landeskundliche Bezüge/Kulturvergleiche) dengan tingkat kesulitan rendah. Sistematika penyampaian ide, pendapat, dan saran yang didasari oleh alasan yang rasional dan realistis dipelajari secara intensif, sehingga pada akhir perkuliahan kelak mahasiswa dapat mempraktikkan bahasa sasaran secara fungsional, tatacara pengungkapan dan logika berpikir sistematis, realistis, dan rasional.

  • DEUTSCHE PROSA

Pendalaman pembahasan teori dan aplikasinya dalam beberapa karya sastra Jerman terpilih yang tergolong dalam Kleinepik dan Grossepik seperti novel dan roman, serta pengenalan kembali karakter karya-karya sastra dan yang didasari oleh latar belakang penciptaan yang beraneka ragam.

  • PRAXIS DES DOLMETSCHEN DEUTSCH–INDONESISCH

Pelatihan mengalihbahasakan teks-teks yang ada dalam kehidupan sehari-hari dengan tingkat kesulitan rendah sampai tinggi secara lisan dari bahasa Jerman ke bahasa Indonesia. Materi difokuskan terutama pada penganalisaan, penerjemahan dan pengujian terjemahan pada primär informative Texte dan primär appelative Texte.

  • dan lain sebagainya.

 

Jadi, bagi kamu yang tertarik untuk mendalami bahasa Jerman dan menggunakannya untuk tujuan profesional seperti bekerja, jurusan ini bisa dijadikan pilihan untuk studi lanjutmu. Lulus dari jurusan ini kamu bisa bekerja di instansi pemerintahan yang membutuhkan tenaga ahli bahasa Jerman, intepreter bahasa Jerman di perusahaan/lembaga lainnya, pengajar bahasa Jerman di institusi/lembaga pendidikan bahasa asing.