Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Bahasa/Sastra Inggris


Apakah kamu suka membaca novel atau karya sastra berbahasa Inggris? Tertarik dengan seluk-beluk bahasa dan keunikan budaya? Pernah terpikir untuk menjadi seorang penerjemah atau menjalani profesi lain yang mampu membawa kita sampai pada kancah internasional? Jika ya, mari berkenalan dengan jurusan Bahasa/Sastra Inggris.

 

Dalam kamus bahasa Indonesia, sastra diartikan sebagai karya tulis, yang apabila dibandingkan dengan tulisan lain cenderung lebih memiliki ciri keunggulan seperti keartistikan, keaslian, serta keindahan dalam isi dan ungkapannya. Dalam jurusan Bahasa/Sastra Inggris, yang akan kita pelajari juga tidak jauh dari berbagai karya tulis seperti novel, puisi, dan drama, tentunya yang ditulis dalam bahasa Inggris. Tujuan utamanya bukan untuk menghasilkan karya sastra baru, melainkan untuk mengasah kemampuan analisa kita dalam mencermati berbagai karya sastra yang sudah pernah dipublikasikan. Namun jika pada akhirnya lulusan sastra Inggris mampu membuat karya sastra baru, itu merupakan berkah dari kebiasaan mendalami karya sastra, juga pelatihan creative writing selama masa perkuliahan. Selain sastra dan literatur, dalam jurusan ini kita juga bisa mempelajari ilmu linguistik (seluk-beluk bahasa), serta kajian-kajian budaya.

 

Berikut adalah beberapa kelompok mata kuliah yang biasa menjadi bagian kurikulumnya:

 

Salah satu keuntungan mengambil jurusan Bahasa/Sastra Inggris adalah peluang karir dan pengalaman yang sangat luas, mengingat bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang diperlukan untuk berbagai macam kepentingan. Hampir setiap perusahaan dan lembaga yang ada di Indonesia, baik pemerintahan maupun swasta, pasti membutuhkan karyawan yang mampu berbahasa Inggris. Peluang untuk bekerja di luar negeri juga relatif lebih besar. Peneliti, dosen, kritikus sastra, pemandu wisata, wartawan, jurnalis, hubungan masyarakat, marketing, dan pegawai departemen luar negeri adalah beberapa jenis karir yang bisa dipilih. Tidak menutup kemungkinan, alumni Bahasa/Sastra Inggris pun mampu berbisnis atau berwiraswasta dengan cara memanfaatkan keahliannya, misalnya dengan menjadi penerjemah, mengelola lembaga kursus bahasa Inggris, atau membuka bisnis online bertaraf internasional.

 

John Martin Tumbel atau yang kita kenal sebagai John Pantau adalah salah satu lulusan Bahasa/Sastra Inggris Universitas Airlangga, Surabaya. Dia terkenal sebagai presenter yang unik dan berkarakter. Selain itu, ada pula Listiana Srisanti (Alm.) yang dikenal sebagai penerjemah edisi bahasa Indonesia seri novel Harry Potter dan Memoirs of a Geisha. Beliau adalah lulusan Bahasa/Sastra Inggris Universitas Satyawacana, Salatiga.

 

Menurut Bapak Lastiko Endi Rahmanto, M. Hum., alumni Bahasa/Sastra Inggris Universitas Airlangga yang saat ini juga menjadi salah satu staf pengajar di almamaternya, untuk dapat bertahan selama masa perkuliahan dan benar-benar menguasai bidang ilmunya, seorang mahasiswa sastra Inggris diharapkan memiliki kemampuan dasar berbahasa Inggris yang cukup baik. “Setiap mahasiswa baru diharapkan memiliki kemampuan bahasa Inggris di level intermediate, karena sejak awal perkuliahan mahasiswa sudah dibiasakan menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari di lingkungan kampus, terutama di dalam kelas. Semua mata kuliah disampaikan oleh dosen dengan bahasa Inggris, begitu pula dalam mengerjakan tugas-tugas. Selain itu, kemampuan dasar untuk menganalisis juga sangat dibutuhkan.”

 

Standar kompetensi yang diharapkan dari lulusan sastra Inggris secara umum adalah memiliki motivasi tinggi untuk berbahasa Inggris yang baik, peka terhadap fenomena sosial budaya, serta mampu memanfaatkan bidang ilmu yang dikuasai dalam menekuni dan mengembangkan profesinya. “Yang penting dasarnya kita harus benar-benar suka dengan bahasa Inggris dan punya kemauan kuat untuk belajar ekstra, karena yang dipelajari tidak melulu grammar, listening, speaking, writing dan skill dasar lainnya, tapi juga filsafat, sejarah, sedikit biologi, budaya, gender, dan lain-lain,” begitu salah satu tips dari Tyas Sandhy Savrilianto, lulusan Bahasa/Sastra Inggris Universitas Airlangga yang pernah bekerja sebagai tour guide wisatawan asing di salah satu biro pariwisata ternama.

 

 

Referensi:

http://sastra.unas.ac.id/index.php/kurikulum/kurikulum-bahasa-sastra-inggris/

http://www.unpad.ac.id/fakultas/ilmu-budaya/sastra-inggris/

http://www.gustaf.web.id/search/?q=sastra+inggris&submit=Go#.UrJ3b9IW1M5

 

 

Narasumber:

Lastiko Endi Rahmanto, M. Hum. (Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga)

Tyas Sandhy Savrilianto, S. Hum (Alumni Sastra Inggris FIB Universitas Airlangga)

Arinda Dyah Rahmawati
Jumat, 10 Januari 2014
5:29 am

Ingin ke Sastra Inggris, apa yang perlu saya persiapkan ya ?

    admin Sarjana
    Sabtu, 11 Januari 2014
    4:11 pm

    Selalu asah kemampuan grammar dan tambah koleksi vocabulary kamu tiap harinya.
    Bisa juga ambil simulasi tes TOEFL atau IELTS untuk mengukur kemampuanmu.
    Ada beberapa institusi yang memberikan simulasi tes gratis.


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


96%Indonesia Indonesia
1.8%United States United States
0.6%Singapore Singapore
0.2%Malaysia Malaysia
0.2%Russian Federation Russian Federation
0.1%Hong Kong Hong Kong
0.1%Taiwan Taiwan
0.1%Japan Japan
0%Australia Australia
0%Netherlands Netherlands

Today: 5
Yesterday: 124
This Week: 739
Last Week: 986
This Month: 383
Last Month: 22042
Total: 835389
Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi