Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Bahasa/Sastra Inggris


Apakah kamu suka mem­ba­ca nov­el atau karya sas­tra berba­hasa Ing­gris? Ter­tarik den­gan seluk-beluk bahasa dan keu­nikan budaya? Per­nah ter­pikir untuk men­jadi seo­rang pen­er­jemah atau men­jalani pro­fe­si lain yang mam­pu mem­bawa kita sam­pai pada kanc­ah inter­na­sion­al? Jika ya, mari berke­nalan den­gan juru­san Bahasa/Sastra Ing­gris.

 

Dalam kamus bahasa Indone­sia, sas­tra diar­tikan seba­gai karya tulis, yang apa­bi­la diband­ingkan den­gan tulisan lain cen­derung lebih memi­liki ciri keung­gu­lan seper­ti keartis­tikan, keaslian, ser­ta kein­da­han dalam isi dan ungka­pan­nya. Dalam juru­san Bahasa/Sastra Ing­gris, yang akan kita pela­jari juga tidak jauh dari berba­gai karya tulis seper­ti nov­el, puisi, dan dra­ma, ten­tun­ya yang dit­ulis dalam bahasa Ing­gris. Tujuan uta­manya bukan untuk meng­hasilkan karya sas­tra baru, melainkan untuk men­gasah kemam­puan anal­isa kita dalam mencer­mati berba­gai karya sas­tra yang sudah per­nah dipub­likasikan. Namun jika pada akhirnya lulu­san sas­tra Ing­gris mam­pu mem­bu­at karya sas­tra baru, itu meru­pakan berkah dari kebi­asaan men­dalami karya sas­tra, juga pelati­han cre­ative writ­ing sela­ma masa perku­li­a­han. Selain sas­tra dan lit­er­atur, dalam juru­san ini kita juga bisa mem­pela­jari ilmu lin­guis­tik (seluk-beluk bahasa), ser­ta kajian-kajian budaya.

 

Berikut adalah beber­a­pa kelom­pok mata kuli­ah yang biasa men­jadi bagian kuriku­lum­nya:

 

Salah satu keun­tun­gan mengam­bil juru­san Bahasa/Sastra Ing­gris adalah pelu­ang karir dan pen­gala­man yang san­gat luas, mengin­gat bahasa Ing­gris adalah bahasa inter­na­sion­al yang diper­lukan untuk berba­gai macam kepentin­gan. Ham­pir seti­ap perusa­haan dan lem­ba­ga yang ada di Indone­sia, baik pemer­in­ta­han maupun swasta, pasti mem­bu­tuhkan karyawan yang mam­pu berba­hasa Ing­gris. Pelu­ang untuk bek­er­ja di luar negeri juga relat­if lebih besar. Peneli­ti, dosen, kri­tikus sas­tra, peman­du wisa­ta, wartawan, jur­nal­is, hubun­gan masyarakat, mar­ket­ing, dan pegawai departe­men luar negeri adalah beber­a­pa jenis karir yang bisa dip­il­ih. Tidak menu­tup kemu­ngk­i­nan, alum­ni Bahasa/Sastra Ing­gris pun mam­pu berbis­nis atau berwiraswasta den­gan cara meman­faatkan keahlian­nya, mis­al­nya den­gan men­jadi pen­er­jemah, men­gelo­la lem­ba­ga kur­sus bahasa Ing­gris, atau mem­buka bis­nis online bertaraf inter­na­sion­al.

 

John Mar­t­in Tum­bel atau yang kita kenal seba­gai John Pan­tau adalah salah satu lulu­san Bahasa/Sastra Ing­gris Uni­ver­si­tas Air­lang­ga, Surabaya. Dia terke­nal seba­gai pre­sen­ter yang unik dan berkarak­ter. Selain itu, ada pula Lis­tiana Srisan­ti (Alm.) yang dike­nal seba­gai pen­er­jemah edisi bahasa Indone­sia seri nov­el Har­ry Pot­ter dan Mem­oirs of a Geisha. Beli­au adalah lulu­san Bahasa/Sastra Ing­gris Uni­ver­si­tas Satyawa­cana, Salati­ga.

 

Menu­rut Bapak Lastiko Endi Rah­man­to, M. Hum., alum­ni Bahasa/Sastra Ing­gris Uni­ver­si­tas Air­lang­ga yang saat ini juga men­jadi salah satu staf pen­ga­jar di alma­mater­nya, untuk dap­at berta­han sela­ma masa perku­li­a­han dan benar-benar men­gua­sai bidang ilmun­ya, seo­rang maha­siswa sas­tra Ing­gris dihara­p­kan memi­liki kemam­puan dasar berba­hasa Ing­gris yang cukup baik. “Seti­ap maha­siswa baru dihara­p­kan memi­liki kemam­puan bahasa Ing­gris di lev­el inter­me­di­ate, kare­na sejak awal perku­li­a­han maha­siswa sudah dib­i­asakan meng­gu­nakan bahasa Ing­gris dalam per­caka­pan sehari-hari di lingkun­gan kam­pus, teruta­ma di dalam kelas. Semua mata kuli­ah dis­am­paikan oleh dosen den­gan bahasa Ing­gris, begi­tu pula dalam menger­jakan tugas-tugas. Selain itu, kemam­puan dasar untuk men­ganal­i­sis juga san­gat dibu­tuhkan.”

 

Stan­dar kom­pe­ten­si yang dihara­p­kan dari lulu­san sas­tra Ing­gris secara umum adalah memi­liki moti­vasi tinggi untuk berba­hasa Ing­gris yang baik, peka ter­hadap fenom­e­na sosial budaya, ser­ta mam­pu meman­faatkan bidang ilmu yang dikua­sai dalam meneku­ni dan mengem­bangkan pro­fesinya. “Yang pent­ing dasarnya kita harus benar-benar suka den­gan bahasa Ing­gris dan pun­ya kemauan kuat untuk bela­jar ekstra, kare­na yang dipela­jari tidak melu­lu gram­mar, lis­ten­ing, speak­ing, writ­ing dan skill dasar lain­nya, tapi juga fil­safat, sejarah, sedik­it biologi, budaya, gen­der, dan lain-lain,” begi­tu salah satu tips dari Tyas Sand­hy Savrilianto, lulu­san Bahasa/Sastra Ing­gris Uni­ver­si­tas Air­lang­ga yang per­nah bek­er­ja seba­gai tour guide wisa­tawan asing di salah satu biro pari­wisa­ta ter­na­ma.

 

 

Ref­er­en­si:

http://sastra.unas.ac.id/index.php/kurikulum/kurikulum-bahasa-sastra-inggris/

http://www.unpad.ac.id/fakultas/ilmu-budaya/sastra-inggris/

http://www.gustaf.web.id/search/?q=sastra+inggris&submit=Go#.UrJ3b9IW1M5

 

 

Nara­sum­ber:

Lastiko Endi Rah­man­to, M. Hum. (Dosen Fakul­tas Ilmu Budaya Uni­ver­si­tas Air­lang­ga)

Tyas Sand­hy Savrilianto, S. Hum (Alum­ni Sas­tra Ing­gris FIB Uni­ver­si­tas Air­lang­ga)

Arinda Dyah Rahmawati
Jumat, 10 Januari 2014
5:29 am

Ing­in ke Sas­tra Ing­gris, apa yang per­lu saya per­si­ap­kan ya ?

    admin Sarjana
    Sabtu, 11 Januari 2014
    4:11 pm

    Selalu asah kemam­puan gram­mar dan tam­bah kolek­si vocab­u­lary kamu tiap harinya.
    Bisa juga ambil sim­u­lasi tes TOEFL atau IELTS untuk men­gukur kemam­puan­mu.
    Ada beber­a­pa insti­tusi yang mem­berikan sim­u­lasi tes gratis.


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi