Mengambil jurusan Bahasa dan Sastra Arab bukan berarti akan menjadi TKI. Jurusan Bahasa dan Sastra Arab bertujuan untuk mempersiapkan dan mencetak sumber daya manusia yang memiliki keluasan ilmu dan profesionalitas dalam bidang kebahasaan dan kesusastraan Arab yang sangat penting di era global.

Dalam jurusan ini, pastinya akan belajar Bahasa Arab. Karenanya, diharapkan lulusan jurusan Bahasa dan Sastra Arab akan menguasai keterampilan berbahasa yang memadai sebagai alat untuk memperluas wawasan keilmuan, keislaman, seni, budaya, dan peradaban.

Selain itu, mahasiswa jurusan ini juga akan mendalami karya sastra Arab, sehingga mampu memanfaatkan pengetahuan kebahasaan dan metodologi kajian bahasa, serta analisis sastra untuk mengkaji, menganalisis dan mengapresiasi karya sastra islami.

Lulusan jurusan ini juga dibekali kemampuan berbahasa dan penguasaan ilmu bahasa dan sastra untuk menekuni dan mengembangkan berbagai bidang profesi yang relevan.

Dengan bekal Bahasa Arab, besar kemungkinan seseorang akan mendapatkan tugas ke luar negeri, terutama negara-negara yang menggunakan Bahasa Arab. Segala profesi bisa dijalankan, mulai dari dosen, penerjemah, wartawan, penulis, hingga diplomat yang dikirim ke negara-negara Arab.

Untuk contoh kurikulum, bisa dilihat di S1 Bahasa/Sastra Arab di Universitas Negeri Malang.

 

Referensi:

http://humaniora.uin-malang.ac.id/37-profil/jurusan/203-bahasa-dan-sastra-arab.html (diakses pada 5 Februari 2015)

http://www.unj.ac.id/fbs/jurusan/arab/content/pendidikan-bahasa-dan-sastra-arab (diakses pada 5 Februari 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *