0828-9405-9829

Animasi adalah proses pembuatan ilusi gerak dan bentuk yang berkelanjutan dalam media display. Dalam pembelajarannya, kamu akan menguasai berpikir secara konseptual dengan nilai-nilai seni lokal dan global untuk membuat storyline (plot cerita) untuk film atau iklan, serta didukung oleh kemampuan teknologi untuk perancangan animasi dalam industri. Jurusan ini tersedia dalam jenjang D3 maupun S1.

 

4

 

Dalam jurusan ini, kamu akan mempelajari beberapa hal, di antaranya:

  1. Character Design, perancangan tokoh dalam film animasi, yang disiapkan dalam berbagai sudut pandang dan digambarkan dalam lembaran poster.
  2. Motion Graphics, perancangan media grafis menggunakan shooting video dan teknologi animasi untuk menciptakan ilusi pergerakan.
  3. Animasi 3D, menggunakan software 3D sebagai representasi obyek 3D meskipun hasil akhir dalam layar berupa 2D.
  4. Animasi 2D, metode penggambaran 2D menggunakan tangan dalam setiap frame gambar dibantu teknologi komputer.
  5. Storyboard, media alat gambaran perancangan film berupa frame gambar kasar yang tersusun sebagai hasil konsep kreatif.
  6. VFX atau visual effects, semua elemen gambar yang dibuat melalui teknik grafis 3D maupun 2D yang digabungkan dalam hasil shooting video.

ANIMASI

Mahasiswa/i Animasi di SAE Institute Jakarta

Beberapa jurusan Animasi dibagi ke dalam dua keahlian animasi, yaitu bidang film animasi dan animasi game (interaktif). Sementara, peluang karir lulusan jurusan Animasi yaitu menjadi entrepreneur studio animasi, freelance proyek animasi atau bekerja di industri media televisi, industri games, dan post-production house. Berbagai nama profesi yang dijalankan di antaranya adalah motion graphic designer, visual effect artist, 3D modeller, character designer, texture artist, game animation artist, storyboard artist, game designer, 3D animator/artist, 2D animator/artist, dan lain sebagainya.

Contoh kurikulum dapat dilihat di kurikulum jurusan Animasi (D3) ISI Yogyakarta.

 

Referensi:

http://animation.binus.ac.id/faq/

http://animasi.isi.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *