Akupunktur adalah suatu metode pengobatan alternatif untuk memulihkan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan cara menusukkan jarum steril ke titik-titik akupunktur yang ada di tubuh seseorang. Ilmu ini berasal dari budaya tradisional Tiongkok dan sudah diakui oleh organisasi kesehatan internasional WHO (World Health Organization). Pengobatan ini cocok untuk penderita penyakit yang tidak bisa mengkonsumsi banyak obat, contohnya karena masalah lambung.

Jika kalian ingin menjadi seorang ahli akupunktur, hanya ada tiga institusi di Indonesia yang mengajarkan ilmu ini. Walau jurusan ini masih belum populer, tapi permintaan semakin tinggi karena semakin banyak orang yang melihat hasilnya.

Jurusan Akupunktur membagi mata kuliahnya ke dalam tiga kategori, yaitu:

1. Akupunktur Dasar

Mempelajari ilmu kesehatan dasar termasuk organ tubuh, penyebab penyakit, fisiologi, anatomi, serta gizi. Juga akan diajarkan filosofi yang melatarbelakangi pengobatan tradisional ini seperti konsep Yin Yang dan lima unsur/elemen utama (api, tanah, logam, air, kayu).

2. Diagnosa Akupunktur

Mempelajari cara pemeriksaan pasien, dokumentasi data pemeriksaan, memberikan dan mencatat diagnosis, dan memilih alat bantu diagnostik.

3. Terapi Akupunktur

Mempelajari cara menentukan ukuran dan jenis jarum juga titik-titik penusukan yang tepat untuk pasien serta alat bantu yang lain.

Lulusan jurusan Akupunktur berpeluang menjadi pengelola pelayanan akupunktur di klinik atau rumah sakit dan juga membuka praktik pribadi.  Ada juga kesempatan menjadi penyuluh kesehatan masyarakat dan peneliti.

Buat kamu yang mencari tantangan dan ingin berkecimpung di dunia kesehatan, pendidikan akupuntur adalah cabang pendidikan kesehatan yang unik dan biayanya terjangkau.

 

Referensi:

http://www.aas.ac.id/#

http://www.paudni.kemdikbud.go.id/kursus/download/0602131104KBK_Akupunktur_Diknas_2009.pdf