0828-9405-9829

Akuntansi merupakan cabang dari studi ekonomi. Jurusan ini tergolong diminati oleh sebagian besar calon mahaiswa karena prospek kerjanya yang cukup luas dan hampir semua perusahaan maupun instansi milik pemerintah dan swasta membutuhkan lulusan Akuntansi.

Akuntansi sebenarnya adalah kegiatan pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak, dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah. Akuntansi terdiri dari tiga aktivitas utama dalam sistem informasi keuangan, yakni mengidentifikasi, mencatat dan mengkomunikasikan semua peristiwa keuangan yang terjadi di dalam sebuah organisasi (profit maupun non profit) kepada pihak lain.

Jika kamu memiliki kemampuan berhitung dengan baik dan suka dengan hal-hal yang berkaitan dengan keuangan. Jurusan Akuntansi adalah jurusan yang tepat kamu pilih. Pelaporan keuangan, pemeriksaan keuangan, perpajakan, pengaturan anggaran, serta akuntansi manajerial sebuah perusahaan menjadi beberapa materi yang dikaji di jurusan ini.

Metode belajar yang diterapkan selama proses belajar-mengajar di jurusan Akuntansi adalah teori dan praktik. Keunikan dari jurusan ini, kamu akan dituntut untuk berpikir secara logis, dibutuhkan ketelitian yang tinggi, dan memiliki kemampuan untuk meyakinkan kebenaran suatu laporan keuangan. Sebagai mahasiswa Akuntansi, kamu dituntut mengikuti perkembangan standar akuntansi, hukum perpajakan, serta mengaplikasikannya dalam kasus-kasus ekonomi.

Jurusan Akuntansi menawarkan berbagai konsentrasi, tergantung pada kampus masing-masing, di antaranya:

1.       Akuntansi Keuangan

Bidang ini membantu mahasiswa dalam penyusunan laporan keuangan entitas bisnis perusahaan perorangan, CV, perusahaan publik, serta multinasional.

2.       Akuntansi Manajemen

Bidang ini mempersiapkan mahasiswa dengan konsep-konsep yang diharapkan berguna untuk pengambilan keputusan operasional dan kehidupan nyata sehari-hari. Konsep yang diajarkan dalam bidang ini senantiasa berkembang sesuai dengan perkembangan jaman.

3.       Auditing 

 Auditing  adalah keahlian pemeriksaan akuntansi di mana akuntan suatu perusahaan memastikan pembukuan internal suatu organisasi/perusahaan menaati peraturan internal maupun pelaporan kepada pemerintah. Ada juga accounting firms yang menyediakan ahli auditing untuk perusahaan yang tidak memiliki ahlinya secara internal.

4.       Perpajakan dan Akuntansi Sektor Publik

Bidang ini membekali mahasiswa dengan konsep terkini mengenai Undang-Undang Perpajakan di Indonesia dan aplikasinya dalam perusahaan. Akuntansi Sektor Publik membahas proses penyusunan informasi akuntansi dan penggunaan informasi tersebut dalam entitas nonbisnis dan pemerintahan.

Berikut adalah beberapa mata kuliah yang dipelajari:

  1. Pengantar Akuntansi
  2. Pengantar Bisnis dan Manajemen
  3. Perpajakan
  4. Hukum Bisnis
  5. Statistik
  6. Sistem Informasi Akuntansi dan Manajemen

Profesi dan karir yang tepat untuk lulusan jurusan Akuntansi, antara lain Akuntan, staf Administrasi dan Akuntansi, Auditor, Konsultan Pajak, staf keuangan di perusahaan (BUMN, swasta, perbankan), instansi/lembaga pemerintahan, maupun lembaga nirlaba, wirausaha,  dan setelah mendapatkan gelar S2, bisa menjadi dosen.

 

Referensi:

http://feb.ugm.ac.id/id/akademik/kurikulum-jurusan-akuntansi.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Akuntansi
http://id.wikipedia.org/wiki/Akuntansi_manajemen
http://www.uajy.ac.id/program-2/sarjana/program-studi-akuntansi/

http://www.unipra.ac.id/