Jurusan Akuntansi Syariah di banyak universitas berada sebagai peminatan atau mata kuliah dari jurusan Ekonomi Syariah/Islam atau jurusan Akuntansi. Namun, di beberapa universitas, jurusan ini berdiri sendiri.

Pada dasarnya ilmu Akuntansi Syariah memahami bukan hanya perlakuan yang terkait dengan akuntansi Islam, tetapi juga memahami ilmu Islam. Akuntasi syariah bukan sekadar teknik pencatatan, tetapi sebuah implementasi dari sebuah konsep berpikir yang didasarkan pada keyakinan agama. Ilmu ini yang akan menghasilkan para auditor syariah.

Dalam mempelajari Akuntansi Syariah, mahasiswa akan memahami prinsip syariah yang dipadukan dengan pemahaman akuntasi yang komprehensif, sehingga mampu menyediakan pelaporan keuangan berbasis syariah. Potensi terbuka luas seiring dengan pesatnya perkembangan ekonomi syariah, untuk berperan sebagai praktisi perbankan syariah, Islamic financial auditor, konsultan/analisis keuangan syariah, dan juga internal syariah reviewer.

Selain itu, masih jarangnya universitas yang membuka jurusan Akuntansi Syariah membuat kompetisi tidak begitu ketat. Spesialisasi dalam syariah membuat lulusan Akuntansi Syariah berbeda sendiri, sehingga ketika terdapat rekrutmen tenaga akuntan di instansi syariah, mereka akan terpilih.

Barbara Gunawan, dosen Akuntansi Syariah menjelaskan, masih sedikit perguruan tinggi yang mengambil konsentrasi syariah. Hal ini juga untuk ikut membantu membuka peluang kerja di sektor syariah. “Karena masih sedikit perguruan tinggi yang mempunyai konsentrasi akuntansi syariah, jadi ini juga bisa menjadi kelebihan tersendiri baik bagi universitas maupun mahasiswanya. Jika ada rekrutmen dari instansi-instansi atau sektor syariah, maka mahasiswa yang dari jurusan dan konsentrasi syariah ini bisa mendapat peluang besar untuk diambil,” jelasnya.

 

Referensi:

http://www.umy.ac.id/lulusan-akuntansi-syariah-punya-peluang-besar-bekerja-di-instansi-syariah.html (diakses pada 4 Februari 2015)

http://uai.ac.id/fakultas/fakultas-ekonomi/ (diakses pada 4 Februari 2015)

http://sebi.ac.id/index.php/web/data/2.2 (diakses pada 4 Februari 2015)

2 thoughts on “Akuntansi Syariah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *