0828-9405-9829

Jurusan Agronomi/Budidaya Pertanian merupakan penggabungan dari tiga program studi terdahulu, yaitu Perkebunan, Hortikultura, dan Agronomi. Mahasiswa jurusan ini banyak dibekali dengan disiplin ilmu yang berkaitan dengan pertanian, khususnya budidaya. Selain itu, mahasiswa juga akan banyak mengaji interaksi faktor genetik dan lingkungan (biotik, abiotik) yang mempengaruhi pertumbuhan dan hasil tanaman. Faktor biotik terdiri atas hama, penyakti, gulma, serta tanaman yang lain. Sedangkan faktor abiotik terdiri atas tanah dan iklim. Dengan pemahaman yang memadai tentang berbagai proses yang terjadi, memungkinkan mahasiswa dapat memahami dan menerapkan berbagai teknologi budidaya tanaman.

Beberapa mata kuliah yang dipelajari, di antaranya:

1. Fisiologi Tumbuhan,

2. Ekologi Tanaman,

3. Nutrisi Tanaman,

4. Agronomi Tanaman Makanan (padi, kacang-kacangan, umbi-umbian),

5. Tanaman Perkebunan (kelapa sawit, teh, karet, kakao, dan lain-lain),

6. Tanaman Hortikultura (sayur, buah-buahan dan bunga-bungaan/tanaman hias).

Dengan hadirnya jurusan ini, diharapkan lulusannya dapat:

  • menjadi ahli di bidang Agronomi, Bioteknologi dan Agroteknologi sehingga mampu meningkatkan produksi pertanian dan penerapan manajemen yang berkelanjutan, serta berwawasan lingkungan,
  • memiliki wawasan luas di bidang agroteknologi dan proaktif terhadap perubahan sain dan teknologi, serta berdaya saing dalam membangun pertanian,
  • mengembangkan dan menyampaikan informasi teknologi budidaya tanaman terkini, serta meningkatkan kualitas riset lapangan dan laboratorium untuk memenuhi permintaan konsumen.

Para lulusan akan memperoleh gelar Sarjana Pertanian setelah berhasil menyelesaikan studi dan dapat bekerja di perusahaan, instansi pemerintah, lembaga swadaya masyarakat (LSM), maupun lembaga penelitian yang berkaitan dengan pertanian dan perkebunan, serta wirausaha.

 

Referensi:

http://www.faperta.ugm.ac.id/buper/prodi/agronomi/

http://www.usu.ac.id/sarjana-s-1/158-agronomi.html

http://www.uij.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=28:agronomibudidaya-pertanian&catid=1:statis