Beberapa dari kamu mungkin masih asing dengan istilah agribisnis. Menurut asal katanya, agribisnis berasal dari kata agribusiness, di mana agri=agriculture artinya pertanian dan business artinya usaha atau kegiatan yang berorientasi profit. Merujuk pada beberapa literatur, agribisnis dapat diartikan sebagai berikut:

– menurut Sjarkowi dan Sufri (2004)

“Setiap usaha yang berkaitan dengan kegiatan produksi pertanian, yang meliputi pengusahaan input pertanian dan atau pengusahaan produksi itu sendiri atau pun juga pengusahaan pengelolaan hasil pertanian.”

– menurut John H. Davis dan Ray A. Goldberg (1957)

“The sum total of all operations involved in the manufacture and distribution of farm supplies; production operations on the farm; and the storage, processing, and distribution of farm commodities and items made from them.”

 

Dari asal kata dan dua pendapat ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa agribisnis merupakan keseluruhan proses produksi hingga distribusi hasil pertanian untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Bagi kamu yang ingin menggeluti karir di dunia bisnis dengan memanfaatkan potensi pertanian di Indonesia, maka jurusan Agribisnis dapat dijadikan pilihan untuk melanjutkan studi. Di jurusan ini kamu akan banyak belajar materi-materi yang menunjangmu menjadi seorang lulusan bidang agribisnis yang mumpuni dalam merencanakan dan mengembangkan bisnis di sektor pertanian, juga menganalisis kebijakan serta perkembangan dunia agribisnis. Beberapa mata kuliah yang ditawarkan di antaranya:

  • Ekonomi Pertanian
  • Kewirausahaan
  • Manajemen Agribisnis
  • Manajemen Tata Niaga Pertanian
  • Analisis Proyek Pertanian
  • Ekonomi Agro Industri
  • dan lain sebagainya

Lulusan Agribisnis bisa menekuni beberapa profesi di berbagai lembaga/institusi serta perusahaan sebagai peneliti dan pengajar, seorang analis kebijakan dan pengembangan agribisnis, seorang perencana wilayah berbasis agribisnis, pengusaha dan manager agribisnis, komunikator agribisnis, serta pelaku pengembangan masyarakat berbasis agribisnis. Adapun profesi-profesi tersebut bisa ditemui di instansi pemerintah, perbankan, usaha perkebunan, lembaga penelitian, perusahaan swasta, hingga koperasi.

 

Referensi:

http://faperta.ugm.ac.id/sosek/leafletsosek.pdf

http://www.upnyk.ac.id/