Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Aeronautika dan Astronautika (Teknik Penerbangan)


Aeronautika dan Astronautika merupakan suatu program bidang studi yang mempelajari bidang keilmuan yang berkaitan dengan bidang kedirgantaraan, seperti perancangan, pembuatan dan pengoperasian pesawat terbang serta wahana antariksa lain. Jurusan ini tersedia dalam jenjang studi S1.

 

Banyak orang yang mengira bahwa mahasiswa jurusan Aeronotika dan Astronotika adalah calon pilot. Namun, sesungguhnya program studi ini mempelajari ilmu-ilmu dasar keteknikan yang cukup luas dan mampu membentuk lulusan yang memiliki kemampuan yang kritis di berbagai bidang keteknikan.

 

Pesawat terbang merupakan produk teknologi tinggi yang perkembangannya dijadikan tolok ukur bagi perkembangan teknologi tinggi di dunia saat ini. Aeronotika dan Astronotika menjadi bidang keilmuan yang paling banyak diminati bagi pencinta teknologi tinggi, pecinta kerja sama, dan penyuka tantangan. Nantinya, kamu akan mempelajari perpaduan disiplin ilmu teknik fisika, mesin, material, kimia, elektro, informatika dan lain sebagainya.

 

Secara umum, terdapat dua sektor lapangan kerja bagi lulusan Program Studi Aeronautika dan Astronautika di Indonesia, yaitu sektor industri kedirgantaraan dan sektor lembaga penerbangan. Sektor industri kedirgantaraan meliputi:

  1. industri manufaktur (PT. Dirgantara Indonesia)
  2. industri komponen kedirgantaraan, baik komponen-komponen avionika/optronika (LEN, PT. INTI ), hidrolika/landing-gear, maupun komponen standar.
  3. industri jasa, yang meliputi jasa perawatan (ACS-PT.DI, GMF-AeroAsia, INDO-PELITA, MMF, Koharmat-AU), jasa angkutan udara (airlines, air charter, seperti PT. GIA, PT. MNA, dan lain-lain.), maupun jasa telekomunikasi satelit (Satelindo, PSN, Telkom, Kohanudnas).

Sektor lembaga penerbangan yang juga membutuhkan sarjana Aeronotika dan Astronotika, meliputi: lembaga penelitian (Puspiptek/BPPT, Dislitbang AU, LAPAN), lembaga pendidikan (ITB, AAU, Sekbang-AU) atau pun lembaga pemerintahan (Departemen Perhubungan).

 

Untuk contoh kurikulum bisa dilihat di jurusan Aeraunotika dan Astronautika Institut Teknologi Bandung.

 

 

Referensi:

http://id.m.wikipedia.org/wiki/Aeronautika (diakses pada 2 April 2015)

http://usm.itb.ac.id/Prodi/136.htm (diakses pada 2 April 2015)


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


94.8%Indonesia Indonesia
2.7%United States United States
0.5%Singapore Singapore
0.5%Russian Federation Russian Federation
0.2%Malaysia Malaysia
0.1%Hong Kong Hong Kong
0.1%Japan Japan
0.1%Taiwan Taiwan
0%Netherlands Netherlands
0%Australia Australia

Today: 45
Yesterday: 112
This Week: 544
Last Week: 845
This Month: 1033
Last Month: 22042
Total: 836039
Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi