Siapa bilang administrasi hanya soal catat-mencatat dan surat-menyurat? Dalam arti yang lebih luas administrasi adalah seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana prasarana tertentu. Setiap badan usaha baik industri atau pemerintahan pasti memerlukan keahlian administrasi dalam organisasinya.

Jurusan Administrasi di Indonesia ditujukan untuk mahasiswa S2 dan S3 yang ingin mendalami bidang administrasi, kebijakan, dan manajemen publik (kenegaraan dan masyarakat) dan badan usaha.

Menurut Universitas Indoneisa, kemampuan yang dibangun dalam jurusan Administrasi adalah:

  • Keterampilan menganalisis permasalahan dengan pendekatan ilmu administrasi;
  • Meneliti dengan pemahaman teori & metodologi ilmu administrasi serta sanggup mengembangkan teori dan penerapannya sesuai kekhususan masing-masing;
  • Menginterpretasikan kebijakan makro pemerintahan dan kebijakan mikro para pelaku ekonomi dalam suatu tatanan sistem yang terpadu

Beberapa mata kuliah yang tercakup dalam jurusan ini adalah: Budaya Organisasi, Kebijakan Publik, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Keuangan Negara dan Daerah, Kepemimpinan dan Kewirausahaan.

Peluang karir setelah menyelesaikan studi tingkat lanjut bidang administrasi sangatlah luas. Maka ada peminatan untuk membantu kamu menemukan profesi yang cocok: administrasi publik, bisnis, perpajakan, dan sumber daya manusia.

 

Referensi:

Administrasi, Wikipedia

Kurikulum Dan Konsentrasi Ilmu Administrasi, STIAMI

Program Magister Ilmu Administrasi, Universitas Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *