Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Administrasi Rumah Sakit


Sebuah rumah sak­it tidak dap­at berop­erasi den­gan baik jika hanya berisi dok­ter dan per­awat saja. Harus ada pula tena­ga ahli yang men­gu­rusi man­a­je­men, opera­sion­al, dan admin­is­trasi rumah sak­it dalam upaya mem­berikan pelayanan kese­hatan yang opti­mal. Juru­san Admin­is­trasi Rumah Sak­it adalah juru­san yang dikhususkan untuk menc­etak tena­ga pro­fe­sion­al di bidang terse­but. Mulai dari pem­bukuan keuan­gan sam­pai pro­mosi kese­hatan, semuanya dipela­jari di juru­san ini.

 

Pada umum­nya, juru­san Admin­is­trasi Rumah Sak­it terse­dia dalam jen­jang D3, di mana jum­lah mata kuli­ah prak­tikum seim­bang den­gan mata kuli­ah teorinya. Berikut adalah beber­a­pa con­toh mata kuli­ah yang dipela­jari di juru­san Adm­nis­trasi Rumah Sak­it:

Mem­pela­jari tata cara pelayanan dan kesekre­tari­atan rekam medis, peren­canaan anggaran, ser­ta peman­tauan mutu rekam medis.

Mem­pela­jari peren­canaan kete­na­gaan di ruang rawat, peren­canaan anggaran, pen­gor­gan­isas­ian, nilai-nilai pro­fes­sion­al dalam dunia kese­hatan, pasien care deliv­ery sys­tem, dan pen­gelo­laan logis­tik keper­awatan.

Mem­pela­jari stan­dar-stan­dar yang berlaku baik untuk tingkat rumah sak­it maupun untuk mas­ing-mas­ing unit pelayanan­nya dalam rangka meningkatkan nilai akred­i­tasi rumah sak­it.

Mem­pela­jari cara mem­per­si­ap­kan pasokan obat-obatan dan per­lengka­pan opera­sion­al lain­nya den­gan biaya yang min­i­mum, pengk­lasi­fikasian mate­ri­al dan per­hi­tun­gan inven­to­ry opti­mum, pem­be­lian, per­gu­dan­gan, sis­tem admin­is­trasi dan sis­tem infor­masi.

Mem­pela­jari cara-cara pen­didikan dan pro­mosi kese­hatan dalam pelayanan keper­awatan dalam rangka pen­ingkatan mutu pelayanan keper­awatan.

 

Lulu­san Admin­is­trasi Rumah Sak­it memi­liki pelu­ang ker­ja seba­gai staf admin­is­trasi, man­a­jer, front office, cus­tomer ser­vice, stock con­trol obat, keuan­gan, akun­tan­si, atau mar­ket­ing di rumah sak­it umum, balai/klinik pen­go­b­atan, pusat per­awatan khusus, pusat pelayanan kese­hatan, klinik perusa­haan, atau apotek.

 

 

Ref­er­en­si:

http://d3stiami.ac.id/about-us/kurikulum/program-administrasi-rumah-sakit/

http://asmisurabaya.ac.id/d3-manajemen-administrasi-perkantoran/manajemen-administrasi-rumah-sakit/

http://www.alfa-prima.com/?aid=bidang&auk=administrasi-rumah-sakit

Muhamad Supriyad
Sabtu, 25 Januari 2014
3:50 am

Pagi, mau tanya. Per­syaratan masuk adm rumah sak­it dari SMK apa aja ya?

    admin Sarjana
    Minggu, 26 Januari 2014
    6:11 pm

    Tidak ada per­syaratan yang khusus untuk juru­san ini. Per­syaratan nilai akan berbe­da untuk tiap insti­tusi. Tapi menu­rut kuriku­lum juru­san ini, kami sarankan kamu bela­jar men­g­op­erasikan soft­ware kom­put­er yang dasar, seper­ti Microsoft Word dan Excel, juga men­gasah kemam­puan pem­bukuan.

karina putri
Minggu, 16 Pebruari 2014
11:08 am

kalau anak IPS masuk juru­san ini gpp ya ?

    admin Sarjana
    Senin, 17 Pebruari 2014
    6:27 am

    Tidak apa.


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi