0828-9405-9829

Sebuah rumah sakit tidak dapat beroperasi dengan baik jika hanya berisi dokter dan perawat saja. Harus ada pula tenaga ahli yang mengurusi manajemen, operasional, dan administrasi rumah sakit dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan yang optimal. Jurusan Administrasi Rumah Sakit adalah jurusan yang dikhususkan untuk mencetak tenaga profesional di bidang tersebut. Mulai dari pembukuan keuangan sampai promosi kesehatan, semuanya dipelajari di jurusan ini.

 

Pada umumnya, jurusan Administrasi Rumah Sakit tersedia dalam jenjang D3, di mana jumlah mata kuliah praktikum seimbang dengan mata kuliah teorinya. Berikut adalah beberapa contoh mata kuliah yang dipelajari di jurusan Admnistrasi Rumah Sakit:

  • Pengantar Administrasi Rekam Medik

Mempelajari tata cara pelayanan dan kesekretariatan rekam medis, perencanaan anggaran, serta pemantauan mutu rekam medis.

  •  Manajemen Bangsal Keperawatan

Mempelajari perencanaan ketenagaan di ruang rawat, perencanaan anggaran, pengorganisasian, nilai-nilai professional dalam dunia kesehatan, pasien care delivery system, dan pengelolaan logistik keperawatan.

  •  Standar dan Akreditasi Rumah Sakit

Mempelajari standar-standar yang berlaku baik untuk tingkat rumah sakit maupun untuk masing-masing unit pelayanannya dalam rangka meningkatkan nilai akreditasi rumah sakit.

  • Manajemen Logistik Rumah Sakit

Mempelajari cara mempersiapkan pasokan obat-obatan dan perlengkapan operasional lainnya dengan biaya yang minimum, pengklasifikasian material dan perhitungan inventory optimum, pembelian, pergudangan, sistem administrasi dan sistem informasi.

  •  Promosi Kesehatan

Mempelajari cara-cara pendidikan dan promosi kesehatan dalam pelayanan keperawatan dalam rangka peningkatan mutu pelayanan keperawatan.

 

Lulusan Administrasi Rumah Sakit memiliki peluang kerja sebagai staf administrasi, manajer, front office, customer service, stock control obat, keuangan, akuntansi, atau marketing di rumah sakit umum, balai/klinik pengobatan, pusat perawatan khusus, pusat pelayanan kesehatan, klinik perusahaan, atau apotek.

 

 

Referensi:

http://d3stiami.ac.id/about-us/kurikulum/program-administrasi-rumah-sakit/

http://asmisurabaya.ac.id/d3-manajemen-administrasi-perkantoran/manajemen-administrasi-rumah-sakit/

http://www.alfa-prima.com/?aid=bidang&auk=administrasi-rumah-sakit