Jurusan ini masih tersedia di beberapa sekolah tinggi pariwisata, namun di beberapa universitas jurusan ini sudah digabung dengan Manajemen Perhotelan. Tersedia dalam studi jenjang D4 maupun S1, Jurusan Administrasi Perhotelan bertujuan mempersiapkan mahasiswa untuk mampu mengelola administrasi dan operasional bidang usaha perhotelan secara menyeluruh.

 

Kompetensi yang ditawarkan oleh jurusan ini adalah menganalisis rencana kebutuhan hotel, merencanakan prinsip-prinsip pengelolaan hotel, menilai sumber dana dan pemanfaatannya bagi hotel, serta mengadaptasi sistem akuntansi dan pengendalian untuk kepentingan sistem informasi hotel.

 

Pada dasarnya, jurusan ini akan mempelajari hal-hal teknis dalam berjalannya sebuah usaha perhotelan, berbeda dengan Manajemen Perhotelan yang juga belajar mengenai ramah tamah dengan tamu. Namun, beberapa sekolah tinggi menerapkan konsentrasi ramah tamah.

 

Karir yang akan dijalani oleh para lulusan jurusan ini adalah Cost Controller, Chief Accountant, dan manajer bidang usaha perhotelan serta hospitality.

 

 

Referensi:

http://go.stp-bandung.ac.id/index.php/en/jenjang-pendidikan/jurusan-hospitaliti/administrasi-hotel-adh (diakses pada 24 Februari 2015)

http://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah_Tinggi_Pariwisata_Bali (diakses pada 24 Februari 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *