Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

UN Diundur untuk Persiapan UN CBT


Jumat, 27 Maret 2015

UN8

 

Ujian Nasional (UN) 2015 untuk SMA dan sederajat akan diundur. Ujian yang direncanakan pada Maret 2015 ini diundur hingga April 2015. Pengunduran ini di antaranya disebabkan oleh pemberlakuan UN berbasis komputer (Computer-Based Test atau CBT) yang dimulai tahun ini.

 

UN CBT juga membuat jadwal UN tidak seragam. Sekolah yang mengadakan UN CBT akan mulai pada 13-21 April 2015 sementara sekolah yang masih menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK) mulai pada 13-15 April 2015. Perbedaan ini dikarenakan UN CBT membutuhkan satu hari untuk satu mata kuliah, pun dengan dibagi ke dalam tiga shift dalam sehari.

 

Tidak semua sekolah layak mengadakan UN CBT. Berdasarkan penilaian Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Puspendik Balitbang Kemendikbud), terdapat 700 sekolah di seluruh Indonesia yang mengadakan UN CBT. Verifikasi dilakukan melihat kesiapan perangkat komputer dan jaringan yang tersedia di sekolah. Jumlah komputer dipersyaratkan tersedia 1:3 dibandingkan jumlah murid. Tim Puspendik Balitbang Kemendikbud juga datang menginstal komputer karena tiap sekolah akan menggunakan server yang berbeda.

 

Hasil akhir UN CBT akan dipindai pada 18 April – 15 Mei 2015 di berbagai tempat yang ditunjuk Puspendik Balitbang Kemendikbud, misalnya di Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, dan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Setelah itu, seluruh hasil ujian baik dari CBT maupun LJK akan diproses dan diumumkan pada 15 Mei 2015.

 

Sebagai sistem yang baru, tentunya kita berharap semua akan berjalan dengan lancar. Karena dengan satu kejadian sepele seperti mati listrik saja bisa menyebabkan data tidak tersimpan dan ujian harus diulang. Semoga UN CBT tahun ini bukan merupakan praktik uji coba dan hasil dari tindakan pemerintah yang terburu-buru, melainkan memang sebuah tahap awal dari kemajuan pendidikan di Indonesia.


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


95.7%Indonesia Indonesia
2%United States United States
0.6%Singapore Singapore
0.2%Russian Federation Russian Federation
0.2%Malaysia Malaysia
0.1%Hong Kong Hong Kong
0.1%Taiwan Taiwan
0.1%Japan Japan
0%Australia Australia
0%China China

Today: 19
Yesterday: 111
This Week: 19
Last Week: 845
This Month: 508
Last Month: 22042
Total: 835514
Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi