Sambil sarjana.co.id terus menambahkan jumlah universitas yang terdaftar di database kami, kami menemukan bahwa kampus-kampus yang ada di sekitar kamu belum mendapatkan ijin dari Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis), yaitu badan pemerintah yang mensahkan badan pendidikan tinggi di Indonesia.

 

Sebanyak 3 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tidak memiliki ijin di Sumatera Utara. Diungkapkan oleh Kopertis I Sumut, Prof. Dian Armanto, PTS tersebut tidak memiliki izin untuk berdiri sehingga seluruh mahasiswa yang terdaftar bukan mahasiswa yang sah. Ketiga PTS tersebut adalah Nusa Nework Internasional, Universitas Setia Budi Mandiri (USBM) dan Politeknik Profesional Mandiri. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) langsung menonaktifkan USBM, di mana USBM dilarang untuk menerima mahasiswa baru dan tidak dapat menerima bantuan dari pemerintah.

 

Bayangkan jika kampus kamu tidak berijin? Investasi dan tenaga yang telah kamu taruh pada kuliahmu jadi sia-sia karena ijazah yang akan kamu dapatkan tidak sah. Memang perguruan tinggi bisa bersemangat dalam mempromosikan program studi mereka, namun terkadang mereka tidak transparan dalam menonjolkan perijinan mereka, sehingga adalah tanggung jawab kita masing-masing untuk kritis dalam memilih kampus.

 

Hal-hal yang dapat kamu perhatikan ketika mendapatkan informasi tentang kampus, baik dalam bentuk brosur maupun website adalah:

  • Informasi Akreditasi kampus dan surat ijin dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, seperti terlihat di contoh di bawah ini.

1

 

 

  • Lalu, ada juga Akreditasi setiap program studi. Setiap jurusan di universitas yang kamu tuju idealnya sudah diberikan grade akreditasi (A, B atau C) sehingga bisa dijadikan tolok ukur program mana yang lebih baik untuk kamu, sesuai dengan kemampuan akademis dan finansial kamu. Berikut adalah contoh pencarian informasi Akreditasi program studi di fitur Pendaftaran & Biaya di website sarjana.co.id:

 

Screen Shot 2015-04-28 at 5.14.28 PM