Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Politeknik ATK Yogyakarta, Akreditasi Masih Kadaluarsa


Kamis, 23 Juli 2015

Salah satu per­soalan yang ser­ing ter­jadi di sek­tor pen­didikan tinggi di Indone­sia adalah men­ge­nai akred­i­tasi. Akred­i­tasi meru­pakan pen­gakuan for­mal yang diberikan oleh Badan Akred­i­tasi Nasion­al Per­gu­ru­an Tinggi (BAN-PT) seba­gai bagian dari Kemdik­nas ter­hadap kom­pe­ten­si suatu lem­ba­ga atau organ­isasi dalam melak­sanakan kegiatan bela­jar-men­ga­jar. Seba­gai maha­siswa yang menim­ba ilmu di suatu kam­pus, kita harus pandai mencer­mati akred­i­tasi yang dim­i­liki kam­pus terse­but. Kuli­ah di per­gu­ru­an tinggi negeri tidak berar­ti selu­ruh pro­gram studinya ter­akred­i­tasi. Den­gan masa berlaku akred­i­tasi sep­a­n­jang 5 tahun untuk mas­ing-mas­ing pro­gram studi,  sta­tus akred­i­tasi bisa men­jadi kadalu­arsa.

 

Begi­t­u­lah kasus Akademi Teknologi Kulit Yogyakar­ta yang di tahun 2014 baru saja beral­ih nama men­jadi Politeknik ATK Yogyakar­ta. Dicatat pada bulan Feb­ru­ari tahun 2014 lalu, Prof Soemitro Djoy­owidag­do, seo­rang guru besar di Uni­ver­si­tas Gad­jah Mada dan dosen tidak tetap di Politeknik ATK Yogyakar­ta sejak 1962, mela­porkan adanya dugaan pelang­garan perun­dang-undan­gan pada Ombuds­man Repub­lik Indone­sia Per­wak­i­lan DIY Jawa Ten­gah.

 

Di web­site Politeknik ATK Yogyakar­ta saat ini, terdaf­tar 3 juru­san yang aktif. Ter­da­p­at 2 juru­san yang akred­i­tasinya kadalu­arsa sejak tahun 2014, yaitu Teknik Pen­go­la­han Pro­duk Kulit dan Teknik Pen­go­la­han Karet dan Plas­tik. Keny­ataan­nya, kam­pus terse­but masih mener­i­ma maha­siswa baru di tahun ajaran 2015/2016 tan­pa keje­lasan ten­tang pros­es re-akred­i­tasi.

 

Akred­i­tasi meru­pakan suatu isu yang urgent bagi kalan­gan akademisi, kare­na menyangkut rep­utasi dan legal­i­tas kelu­lu­san. Maha­siswa, ter­ma­suk maha­siswa baru, per­lu men­jadi peng­ger­ak peruba­han di kam­pus yang terke­san eng­gan untuk memas­tikan legal­i­tas opera­sion­al­nya.

 

Pent­ing juga bagi kamu, maha­siswa kam­pus-kam­pus lain, untuk mencer­mati masalah akred­i­tasi ini, agar inves­tasimu untuk kuli­ah tidak ter­buang sia-sia den­gan kuli­ah di kam­pus ‘abal-abal’ yang tidak memi­liki ijin yang terkini.

 

Ref­er­en­si:

Akademi Teknologi Kulit Yogyakar­ta Dila­porkan Ke Ombuds­man, AntaraYogya.com


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi