Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Politeknik ATK Yogyakarta, Akreditasi Masih Kadaluarsa


Kamis, 23 Juli 2015

Salah satu persoalan yang sering terjadi di sektor pendidikan tinggi di Indonesia adalah mengenai akreditasi. Akreditasi merupakan pengakuan formal yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sebagai bagian dari Kemdiknas terhadap kompetensi suatu lembaga atau organisasi dalam melaksanakan kegiatan belajar-mengajar. Sebagai mahasiswa yang menimba ilmu di suatu kampus, kita harus pandai mencermati akreditasi yang dimiliki kampus tersebut. Kuliah di perguruan tinggi negeri tidak berarti seluruh program studinya terakreditasi. Dengan masa berlaku akreditasi sepanjang 5 tahun untuk masing-masing program studi,  status akreditasi bisa menjadi kadaluarsa.

 

Begitulah kasus Akademi Teknologi Kulit Yogyakarta yang di tahun 2014 baru saja beralih nama menjadi Politeknik ATK Yogyakarta. Dicatat pada bulan Februari tahun 2014 lalu, Prof Soemitro Djoyowidagdo, seorang guru besar di Universitas Gadjah Mada dan dosen tidak tetap di Politeknik ATK Yogyakarta sejak 1962, melaporkan adanya dugaan pelanggaran perundang-undangan pada Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan DIY Jawa Tengah.

 

Di website Politeknik ATK Yogyakarta saat ini, terdaftar 3 jurusan yang aktif. Terdapat 2 jurusan yang akreditasinya kadaluarsa sejak tahun 2014, yaitu Teknik Pengolahan Produk Kulit dan Teknik Pengolahan Karet dan Plastik. Kenyataannya, kampus tersebut masih menerima mahasiswa baru di tahun ajaran 2015/2016 tanpa kejelasan tentang proses re-akreditasi.

 

Akreditasi merupakan suatu isu yang urgent bagi kalangan akademisi, karena menyangkut reputasi dan legalitas kelulusan. Mahasiswa, termasuk mahasiswa baru, perlu menjadi penggerak perubahan di kampus yang terkesan enggan untuk memastikan legalitas operasionalnya.

 

Penting juga bagi kamu, mahasiswa kampus-kampus lain, untuk mencermati masalah akreditasi ini, agar investasimu untuk kuliah tidak terbuang sia-sia dengan kuliah di kampus ‘abal-abal’ yang tidak memiliki ijin yang terkini.

 

Referensi:

Akademi Teknologi Kulit Yogyakarta Dilaporkan Ke Ombudsman, AntaraYogya.com


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


95.7%Indonesia Indonesia
2%United States United States
0.6%Singapore Singapore
0.2%Russian Federation Russian Federation
0.2%Malaysia Malaysia
0.1%Hong Kong Hong Kong
0.1%Taiwan Taiwan
0.1%Japan Japan
0%Australia Australia
0%China China

Today: 18
Yesterday: 111
This Week: 18
Last Week: 845
This Month: 507
Last Month: 22042
Total: 835513
Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi