Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Pesta Sains Nasional IPB 2015 [MEDIA PARTNER]


Senin, 5 Oktober 2015

PESTA SAINS NASIONAL 2015, Sainskan Indonesia!

 

Pesta Sains Nasional (PSN) merupakan ajang kompetisi sains tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh Institut Pertanian Bogor. Pesta Sains Nasional 2015 mengusung tema “Indonesian Science”. Dukungan atas pengembangan riset modern dan inovasi di dunia sains berbasis kearifan lokal menjadi latar belakang diangkatnya tema tersebut. Gelaran PSN 2015 akan melibatkan ribuan siswa/siswi SMA sederajat sertatim pengajar dari seluruh sekolah yang tersebar di Indonesia. Pesta Sains Nasional 2015 akan diselenggarakan selama dua hari, yaitu pada 14-15 November 2015. Rangkaian kegiatan PSN 2015 di antaranya, kompetisi nasional himpunan keprofesian FMIPA IPB, seminar kurikulum dan keguruan, Talkshow Indonesian Science, Motivation Training, Maker at Pesta Sains, dan pemilihan guru teladan Pesta Sains Nasional 2015. Acara ini didukung oleh Sarjana.co.id.

 

PSN 2015

 

Selain kompetisi nasional, PSN 2015 juga akan diisi oleh seminar kurikulum dan keguruan. Seminar ini diadakan khusus untuk guru pendamping siswa/siswi peserta kompetisi. Meningkatkan motivasi gurusebagai pahlawan tanpa tanda jasa menjadi misi utama seminar ini. Pemaparan materi pada seminar Keguruan akan disampaikan oleh Ngainun Naim (penulis buku inspiratif, “Menjadi Guru Terkreatif”) dan Munif Chatib (penulis buku, “Gurunya Manusia”). Seminar kurikulum akan diisi oleh TIM USAID SAInS-Columbia University (Rebecca Johnson) dan Dekan FMIPA (Dr.Ir.Sri Nurdiati, M.Sc.). Di akhir kegiatan akan diadakan secara simbolik penganugerahan guru teladan PSN 2015.

 

Selain seminar Kurikulum dan Keguruan, rangkaian kegiatan PSN 2015 akan diramaikan dengan Talkshow Indonesian Science oleh Menteri Pendidikan Dasar dan Kebudayaan Anies Baswedan serta dimoderatori oleh Andy F. Noya. Talkshow ini dikhususkan kepada seluruh peserta kompetisi nasional. Acara Motivation Training juga menjadi salah satu rangkain PSN 2015 yang bertujuan meningkatkankepercayaan diri siswa/siswi untuk terus berani berprestasi. Terakhir, yaituMaker at Pesta Sains, sebuah pameran sains untuk mengapresiasi serta memperkenalkan hasil penemuan saintis FMIPA Insitut Pertanian Bogor.

 

Kompetisi nasional Pesta Sains 2015 memperebutkan Piala bergilir Presiden Republik Indonesia bagi juara umum, Piala bergilir Mendiknas untuk Juara I Lomba Cepat Tepat Biologi, Juara I lomba Matematika Ria, Juara I Kompetisi Fisika, Piala bergilir Menristek RI untuk Juara I Lomba Komstat Junior, Juara I Lomba Chemistry Challenge, Juara I Computer Problem Solving Competition, dan Juara I Lomba Karya Ilmiah Populer. Selain itu, memperbutkan piala bergilir BMKG bagi juara I Meteorologi Interaktif, piala bergilir Andi Hakim Nasoetion bagi juara I STEM Young Researcher Award baik kategori siswa maupun guru, piala tetap bagi juara 1, 2, dan 3, medali penghargaan bagi juara 1,2, dan 3, tabungan pendidikan bagi juara 1,2,dan 3, dan sertifikat. Berbeda dari kompetisi-kompetesi sains lainnya, setiap Juara I Pesta Sains Nasional di setiap cabang kompetisi (kecuali kompetisi SYRA) berkesempatan mendapatkan tiket “free pass” menjadi mahasiswa FMIPA IPB sesuai pada kategori kompetisi yang diikuti dengan syarat dan ketentuan berlaku.

 

Registrasi dan pendaftaran lomba dapat diakses secara online di laman resmi PSN 2015. Informasi lebih lanjut seputar Pesta Sains Nasional 2015 “Indonesian Science” dapat diperoleh dari website : http://pestasains.ipb.ac.id , email : pestasains@apps.ipb.ac.id , Twitter : @pestasainsIPB , dan Line Official : @TDQ1255J

 

 

 

 


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


95.5%Indonesia Indonesia
2.1%United States United States
0.6%Singapore Singapore
0.3%Russian Federation Russian Federation
0.2%Malaysia Malaysia
0.1%Hong Kong Hong Kong
0.1%Taiwan Taiwan
0.1%Japan Japan
0%Australia Australia
0%China China

Today: 37
Yesterday: 122
This Week: 159
Last Week: 845
This Month: 648
Last Month: 22042
Total: 835654
Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi