Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Nuffic Neso: Kunjungan Universitas Tertua dari Belanda


Sabtu, 8 Maret 2014

Del­e­gasi besar dari Uni­ver­si­tas Lei­den yang dip­imp­in oleh Rek­tor Carel Stolk­er men­gun­jungi Indone­sia untuk lebih mengem­bangkan hubun­gan lama mereka dan juga untuk men­cari pelu­ang kolab­o­rasi baru den­gan uni­ver­si­tas, lem­ba­ga peneli­tian dan organ­isasi pemer­in­tah.  Uni­ver­si­tas Lei­den adalah uni­ver­si­tas ter­tua dari Belanda (didirikan tahun 1575) dan secara kon­sis­ten selalu berada diper­ingkat di atas 100 pada rank­ing dunia.

 

Meng­in­ten­sifkan ker­jasama akademik

Per­jan­jian baru telah ditan­datan­gani den­gan Uni­ver­si­tas Indone­sia (UI) dan Uni­ver­si­tas Gad­jah Mada (UGM). Lei­den dan UI akan mem­fasil­i­tasi per­tukaran pela­jar di bidang human­io­ra. Fakul­tas Kedok­ter­an dari ked­ua uni­ver­si­tas sep­a­kat untuk mem­per­pan­jang ker­jasama dan per­tukaran mereka di bidang par­a­sitologi dan untuk bersama-sama bek­er­ja pada pem­ben­tukan Cen­ter of Excel­lence pada kanker serviks. UGM dan Lei­den menan­datan­gani MOU dan selan­jut­nya akan mem­per­pan­jang pelu­ang bagi per­tukaran maha­siswa dan bek­er­ja sama dalam pro­gram dou­ble degree PhD dalam bidang sejarah. Pem­ben­tukan pro­gram dou­ble degree lebih lan­jut juga akan diek­splo­rasi.

 

Ker­jasama Botan­i­cal

Sela­ma kun­jun­gan del­e­gasi Lei­den ke LIPI dan kun­jun­gan Dekan Fakul­tas Ilmu Penge­tahuan ke Bogor, dibu­at ren­cana untuk per­ayaan bersama berdirinya Kebun Raya Bogor dan Lei­den. Pada tahun 2017, kebun raya di Bogor akan mer­ayakan ulang tahun ke-200, semen­tara kebun raya Lei­den akan mer­ayakan ulang tahun ke 425. Cas­par Rein­wardt, pendiri kebun raya Bogor, juga adalah pro­fe­sor dan direk­tur kebun raya di Uni­ver­si­tas Lei­den.

 

Kon­tak pemer­in­tah

Uni­ver­si­tas Lei­den juga melakukan upaya-upaya untuk mem­ban­gun hubun­gan den­gan pemer­in­tah Indone­sia. Pada hari Selasa 25 Feb­ru­ari, Rek­tor Carel Stolk­er dan Duta Besar Belanda berte­mu den­gan Wak­il Pres­i­den Boe­diono. Rek­tor men­gun­dang Wak­il Pres­i­den untuk mem­berikan kuli­ah umum di Lei­den pada tang­gal 26 Maret. Wak­il Pres­i­den mener­i­ma undan­gan terse­but. Selain itu, diadakan juga perte­muan den­gan LIPI, RISTEK, LPDP, Kemente­ri­an Aga­ma dan DIKTI ten­tang mem­per­lu­as ker­jasama di bidang pen­didikan dan peneli­tian dok­tor. MOU den­gan LIPI, LPDP, Kemente­ri­an Aga­ma dan DIKTI akan disi­ap­kan dan ditan­datan­gani tahun ini .

 

Hubun­gan baik den­gan alum­ni

Pada kun­jun­gan­nya di Yogyakar­ta del­e­gasi Lei­den men­gadakan perte­muan den­gan Sri Sul­tan Hamengku Buwono X di ker­a­ton­nya . Sul­tan men­yarankan Lei­den untuk ter­li­bat dalam pelati­han peja­bat pemer­in­tah dan hal ini akan lebih diek­splo­rasi lebih lan­jut.  Pada saat yang bersamaan, Rek­tor Lei­den meny­er­ahkan Diplo­ma khusus untuk ayah­nya, Hamengku Buwono IX, kepada Sul­tan dan kelu­ar­ganya.  Hamengkubowono IX  bela­jar di Lei­den antara 1936 dan 1939, tetapi sebelum ia menye­le­saikan studinya, ia dipang­gil kem­bali ke Yogyakar­ta. Uni­ver­si­tas Lei­den juga mengam­bil kesem­patan kun­jun­gan ini menyam­bung kem­bali hubun­gan den­gan 600 alumninya di Indone­sia . Pada acara makan malam den­gan alum­ni yang dis­e­leng­garakan oleh Duta Besar Belanda di kedia­man­nya di Menteng, lebih dari 70 alum­ni Indone­sia dan Belanda dari Uni­ver­si­tas Lei­den berte­mu den­gan Rek­tor dan del­e­gasinya .

 

Pusat Peneli­tian

Baru-baru ini, per­pus­takaan Uni­ver­si­tas Lei­den telah men­jadi penang­gung jawab atas kolek­si buku-buku dari Roy­al Nether­lands Insti­tute of South­east Asian Stud­ies dan Karib­ia ( KITLV ) dan Roy­al Trop­i­cal Insti­tute (KIT). Dikom­bi­nasikan den­gan kolek­si milik Lei­den sendiri ini berar­ti ter­cip­ta pusat peneli­tian terbe­sar men­ge­nai Indone­sia di dunia. Lebih dari 10 kilo­me­ter arsip yang ter­diri dari buku-buku, jur­nal, peta dan manuskrip, akan men­jadi bagian dari per­pus­takaan Asian masa depan di Uni­ver­si­tas Lei­den. Sejak tahun 1969, seba­gian besar buku-buku dan jur­nal ini dibeli oleh KITLV yang berkan­tor kan­tor di Jakar­ta, kegiatan ini akan terus dilakukan, tapi dari mulai tang­gal 1 Juli KITLV juga akan mewak­ili Uni­ver­si­tas Lei­den di Indone­sia .

 

Tang­gung Jawab

Rek­tor Mag­nifi­cus Carel Stolk­er dari Uni­ver­si­tas Lei­den men­gakui tang­gung jawab khusus dari Lei­den untuk terus mengem­bangkan per­pus­takaan untuk studi Bahasa Indone­sia. “Kami akan melakukan kemi­traan yang erat den­gan rekan-rekan kami di Indone­sia, juga akan dilakukan dig­i­tal­isasi proyek-proyek ini sehing­ga materi yang terse­dia dap­at dinikmati oleh para sar­jana di selu­ruh dunia. Uni­ver­si­tas Lei­den memi­liki hubun­gan pan­jang dan khusus den­gan Indone­sia oleh kare­na itu kami berharap untuk masa yang akan datang hubun­gan ini akan lebih erat dan berman­faat. ”

 

Ker­jasama Indone­sia-Belanda dalam pen­didikan tinggi

Kare­na hubun­gan sejarah dan budaya, maka hubun­gan antar uni­ver­si­tas dari ked­ua negara juga dekat. Pusat Pen­didikan Belanda ( Nuf­fic Neso Indone­sia ) mem­fasil­i­tasi ker­jasama ini dari kan­tor di Jakar­ta. Merv­in Bakker, Direk­tur Nuf­fic Neso Indone­sia men­gatakan, ” Saya san­gat senang meli­hat bah­wa sebuah uni­ver­si­tas Belanda terke­muka seper­ti Lei­den sekarang berusa­ha untuk mem­perku­at hubun­gan den­gan mitra akademik dan non — akademik dari Indone­sia. Saat ini Uni­ver­si­tas di Indone­sia sedang fokus pada inter­na­sion­al­isasi pen­didikan tinggi, dan kehadi­ran Lei­den disini adalah con­toh lain dari meningkat­nya minat uni­ver­si­tas Belanda dalam mem­per­lu­as ker­jasama di sini. ”

 

Nuf­fic Neso Indone­sia

Nuf­fic Neso Indone­sia adalah organ­isasi non-prof­it yang ditun­juk resmi dan didanai oleh pemer­in­tah Belanda untuk menan­gani berba­gai hal yang berkai­tan den­gan pen­didikan tinggi Belanda. Neso Indone­sia adalah per­wak­i­lan Nuf­fic, organ­isasi Belanda yang menan­gani ker­ja sama inter­na­sion­al di bidang pen­didikan tinggi. Neso Indone­sia menye­di­akan infor­masi ser­ta mem­berikan kon­sul­tasi secara cuma-cuma men­ge­nai lebih dari 1.800 pro­gram studi yang diberikan dalam bahasa Ing­gris. Neso Indone­sia juga mem­prakar­sai dan mem­fasil­i­tasi ker­ja sama di bidang pen­didikan tinggi antara insti­tusi di Indone­sia dan Belanda. Bersama den­gan Kedu­taan Besar Ker­a­jaan Belanda di Indone­sia, seti­ap tahun Neso Indone­sia menawarkan pro­gram bea­siswa bagi sek­i­tar 250 war­ga negara Indone­sia dalam ben­tuk pro­gram mas­ter dan pelati­han.

 

***

Untuk infor­masi lebih lan­jut, silakan hubungi:

Inty Dienasari

Nuf­fic Neso Indone­sia, www.nesoindonesia.or.id

Telp: 5290 2172 ext. 214

E-mail: [email protected]

 

 


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi