Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Mitos & Fakta Seputar Kuliah


Rabu, 7 Oktober 2015

Waktu mau masuk kuliah, kita pasti sering disuguhi cerita-cerita tentang kehidupan kuliah itu kaya gimana. Kadang acara-acara TV tentang kehidupan mahasiswa bikin kita semakin penasaran dan berandai-andai. Nah, kalian perlu tahu nih apa aja sih mitos tentang anak kuliahan dibandingkan dengan realitanya.

 

Mitos #1:Mahasiswa hobi demo”

Buat kamu yang sering mengikuti berita terkini, pasti sering lihat berita tentang aksi protes mahasiswa; tentang isu politik dan ekonomi seperti pengurangan subsidi BBM, atau pun tentang permasalahan di kampus seperti kenaikan biaya kuliah atau bahkan kebijaksanaan kampus atau dosen.

 

Untitled1

 

Fakta: “Tidak semua mahasiswa ikut demo”

Walaupun demo itu identik sama mahasiswa, tapi banyak mahasiswa yang pilih hidup aman-aman aja – fokus dengan kuliah atau berkarya di bidang masing-masing. Mahasiswa yang berdemo biasanya adalah mereka yang jadi aktivis kampus, tipe pemikir yang tidak puas dengan situasi di sekitarnya dan menginginkan perubahan. Ini bukan berarti hobi berdemo itu negatif lho. Jika aksi demo dilakukan tanpa kekerasan dan pesan tersampaikan, maka demo itu berhasil! Negara kita yang jauh dari sempurna ini butuh pendapat generasi muda yang peduli dan bikin negara ini jadi lebih baik.

 

Mitos #2: “Mahasiswa harus sibuk”

Tiap hari ke kampus. Berangkat pagi dari rumah/kosan, pulangnya larut malam. Jarang kumpul dengan keluarga karena harus ikut seminar saat weekend. Rasanya pusing banget jadi mahasiswa, yang sibuk nggak ada waktu buat keluarga dan bersenang-senang. Belum lagi tugas kuliah yang banyak dan deadline yang nggak manusiawi.

th

Fakta: “Kesibukan bisa diatur”

Jadwal kuliah itu bukan seharian penuh dan 7 hari dalam seminggu. Faktanya, jadi kesibukan mahasiswa itu kadang bisa padat banget, kadang juga bisa longgar. Apalagi bagi anak-anak jurusan sosial, waktu kuliah mereka lebih leluasa daripada mahasiswa jurusan sains atau teknik yang memiliki jadwal praktikum selain jadwal kuliahnya. Bukan seperti jaman SMA yang seharian ada di kelas dan mengikuti system full day school. Nah, kalau soal kesibukan di luar kuliah itu bergantung sama pribadi masing-masing. Ada yang pilih ikut organisasi atau kepanitiaan kegiatan di kampus, ada juga yang pilih bersantai di kos-kosan atau nongkrong bareng.

 

Mitos #3: “Ke kampus harus kece”

Di TV, mahasiswa cewek ditampilkan pakai rok mini, tank top, atau make up super tebelkayak mau fashion show). Mahasiswa cowok juga nggak kalah kece dengan baju dan aksesoris kaya di majalah-majalah.

 

22

 

Fakta: “Penampilan simple dan rapi”

Dengan segala tugas dan kesibukan yang datang menghadang, yang bisa bikin kalian begadang atau tidur subuh, mungkin nggak sih masih punya waktu untuk mikirin fashion? Bisa datang kuliah tepat waktu aja sudah bersyukur. Yang terpenting, berangkat ke kampus dengan pakaian rapi juga nyaman dan enak dilihat orang-orang di sekitar.

 

Mitos #4: “Kuliah itu susah, banyak yang drop out

Ketika nggak sanggup lagi dengan tugas dan dosen: “rasanya pengen nikah aja

Ini perasaan yang sering muncul, terutama buat mahasiswa cewek. Ada yang bilang, Tuhan tidak akan memberikan cobaan melebihi kemampuan hambanya, tapi dosen bisa memberikan cobaan lebih dari kemampuan mahasiswanya. Sesungguhnya, kuliah yang hanya beberapa tahun aja nggak sanggup, gimana nikah yang seumur hidup?

 

Fakta: “Kuliah itu menyenangkan, asal sesuai dengan minatmu”

Buat kamu yang suka banget menggambar dan desain rumah, pasti nggak bakal stres kalau disuruh bikin maket saat nanti kuliah di jurusan arsitektur. Yang suka musik dan remix lagu, pasti enjoy banget kuliah di audio engineering. Jadi, biar nggak stres menjalani kuliahmu, pilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatmu! Dijamin happy dan semangat terus berangkat kuliah 🙂


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


95.8%Indonesia Indonesia
1.9%United States United States
0.6%Singapore Singapore
0.2%Russian Federation Russian Federation
0.2%Malaysia Malaysia
0.1%Hong Kong Hong Kong
0.1%Japan Japan
0.1%Taiwan Taiwan
0%Australia Australia
0%Netherlands Netherlands

Today: 82
Yesterday: 124
This Week: 816
Last Week: 986
This Month: 460
Last Month: 22042
Total: 835466
Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi