Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Mitos & Fakta Seputar Kuliah


Rabu, 7 Oktober 2015

Wak­tu mau masuk kuli­ah, kita pasti ser­ing dis­ug­uhi cer­i­ta-cer­i­ta ten­tang kehidu­pan kuli­ah itu kaya gimana. Kadang acara-acara TV ten­tang kehidu­pan maha­siswa bik­in kita semak­in penasaran dan berandai-andai. Nah, kalian per­lu tahu nih apa aja sih mitos ten­tang anak kuli­a­han diband­ingkan den­gan real­i­tanya.

 

Mitos #1:Mahasiswa hobi demo”

Buat kamu yang ser­ing mengiku­ti beri­ta terkini, pasti ser­ing lihat beri­ta ten­tang aksi protes maha­siswa; ten­tang isu poli­tik dan ekonomi seper­ti pen­gu­ran­gan sub­sidi BBM, atau pun ten­tang per­masala­han di kam­pus seper­ti kenaikan biaya kuli­ah atau bahkan kebi­jak­sanaan kam­pus atau dosen.

 

Untitled1

 

Fak­ta: “Tidak semua maha­siswa ikut demo”

Walaupun demo itu iden­tik sama maha­siswa, tapi banyak maha­siswa yang pil­ih hidup aman-aman aja – fokus den­gan kuli­ah atau berkarya di bidang mas­ing-mas­ing. Maha­siswa yang berde­mo biasanya adalah mereka yang jadi aktivis kam­pus, tipe pemikir yang tidak puas den­gan situ­asi di sek­i­tarnya dan menginginkan peruba­han. Ini bukan berar­ti hobi berde­mo itu negat­if lho. Jika aksi demo dilakukan tan­pa kek­erasan dan pesan ter­sam­paikan, maka demo itu berhasil! Negara kita yang jauh dari sem­pur­na ini butuh pen­da­p­at gen­erasi muda yang peduli dan bik­in negara ini jadi lebih baik.

 

Mitos #2: “Mahasiswa harus sibuk”

Tiap hari ke kam­pus. Berangkat pagi dari rumah/kosan, pulangnya larut malam. Jarang kumpul den­gan kelu­ar­ga kare­na harus ikut sem­i­nar saat week­end. Rasanya pus­ing banget jadi maha­siswa, yang sibuk nggak ada wak­tu buat kelu­ar­ga dan berse­nang-senang. Belum lagi tugas kuli­ah yang banyak dan dead­line yang nggak manu­si­awi.

th

Fak­ta: “Kesi­bukan bisa diatur” 

Jad­wal kuli­ah itu bukan sehar­i­an penuh dan 7 hari dalam sem­i­ng­gu. Fak­tanya, jadi kesi­bukan maha­siswa itu kadang bisa padat banget, kadang juga bisa long­gar. Apalagi bagi anak-anak juru­san sosial, wak­tu kuli­ah mereka lebih lelu­asa dari­pada maha­siswa juru­san sains atau teknik yang memi­liki jad­wal prak­tikum selain jad­wal kuli­ah­nya. Bukan seper­ti jaman SMA yang sehar­i­an ada di kelas dan mengiku­ti sys­tem full day school. Nah, kalau soal kesi­bukan di luar kuli­ah itu bergan­tung sama prib­adi mas­ing-mas­ing. Ada yang pil­ih ikut organ­isasi atau kepani­ti­aan kegiatan di kam­pus, ada juga yang pil­ih bersan­tai di kos-kosan atau nongkro­ng bareng.

 

Mitos #3: “Ke kampus harus kece”

Di TV, maha­siswa cewek dita­mpilkan pakai rok mini, tank top, atau make up super tebelka­yak mau fash­ion show). Maha­siswa cowok juga nggak kalah kece den­gan baju dan aksesoris kaya di majalah-majalah.

 

22

 

Fak­ta: “Penampi­lan sim­ple dan rapi” 

Den­gan segala tugas dan kesi­bukan yang datang meng­hadang, yang bisa bik­in kalian begadang atau tidur sub­uh, mungk­in nggak sih masih pun­ya wak­tu untuk mikir­in fash­ion? Bisa datang kuli­ah tepat wak­tu aja sudah bersyukur. Yang ter­pent­ing, berangkat ke kam­pus den­gan paka­ian rapi juga nya­man dan enak dil­i­hat orang-orang di sek­i­tar.

 

Mitos #4: “Kuliah itu susah, banyak yang drop out

Ketika nggak sang­gup lagi den­gan tugas dan dosen: “rasanya pen­gen nikah aja

Ini perasaan yang ser­ing muncul, teruta­ma buat maha­siswa cewek. Ada yang bilang, Tuhan tidak akan mem­berikan cobaan melebi­hi kemam­puan ham­banya, tapi dosen bisa mem­berikan cobaan lebih dari kemam­puan maha­siswanya. Sesung­guh­nya, kuli­ah yang hanya beber­a­pa tahun aja nggak sang­gup, gimana nikah yang seu­mur hidup?

 

Fak­ta: “Kuli­ah itu menye­nangkan, asal sesuai den­gan minat­mu”

Buat kamu yang suka banget menggam­bar dan desain rumah, pasti nggak bakal stres kalau dis­u­ruh bik­in maket saat nan­ti kuli­ah di juru­san arsitek­tur. Yang suka musik dan remix lagu, pasti enjoy banget kuli­ah di audio engi­neer­ing. Jadi, biar nggak stres men­jalani kuli­ah­mu, pil­ih juru­san yang sesuai den­gan minat dan bakat­mu! Dijam­in hap­py dan seman­gat terus berangkat kuli­ah 🙂


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi