Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Mahasiswa ITB Menangkan Penghargaan Indonesia-Netherlands Young Water Talent


Senin, 7 April 2014

water challenge 3

 

Sebuah konsep inovatif untuk Desa Terapung Terintergrasi telah memenangkan penghargaan Indonesia-Netherlands Water Challenge pertama. Pemberian penghargaan Indonesia-Netherlands Young Water Talent tersebut diberikan oleh Menteri Infrastruktur dan Lingkungan Hidup Belanda, Ibu Melanie Schultz van Haegen di Jakarta kepada tim pemenang dari Institut Teknologi Bandung (ITB) di Jakarta

 

Indonesia-Netherlands Water Challenge

Dimulai sejak November 2013, tim-tim dari empat universitas—ITS, UGM, ITB dan UNHAS—telah mengembangkan beberapa ide baru dalam pembangunan berkelanjutan Teluk Jakarta. Mengambil tema: Ports and Coasts Indonesia: People, Planet & Profit, keempat tim ditantang untuk mengatasi dimensi yang berbeda dalam pembangunan berkelanjutan Teluk Jakarta, didukung oleh para ahli dari beberapa perusahaan Belanda di Jakarta, yaitu: Van Oord, Deltares, BAM International and Royal Haskoning DHV.

 

Dimensi Baru

Kantor Pusat Informasi Pendidikan Belanda (Nuffic Neso Indonesia) adalah salah satu organisasi pendukung dalam Water Challenge ini. Mervin Bakker, Direktur Nuffic Neso Indonesia menyatakan: “Selama bertahun-tahun  Belanda telah menjadi salah satu tempat terbaik di dunia untuk mempelajari isu-isu terkait air. Water Challenge membawa dimensi baru dalam mempelajari pengelolaan air, karena menghubungkan para ahli dalam bidang air Belanda dengan para siswa berbakat Indonesia dan memungkinkan kedua belah pihak untuk saling belajar selama proses berlangsung”.

 

Konsep Pemenang

Konsep Desa Terapung Terintegrasi secara khusus ditujukan bagi masyarakat nelayan di Jakarta. Dengan adanya rencana kota untuk memperbaiki struktur pertahanan terhadap banjir yang semakin meluas, membuat komunitas ini harus mencari tempat tinggal yang baru. Konsep Desa Terapung Terintegrasi tidak hanya menawarkan rumah terapung bagi komunitas nelayan, namun juga sumber-sumber penghasilan tambahan dengan menjadikan desa sebagai  tempat penghasil ikan yang besar, restoran, dan berbagai tempat wisata air lainnya. Sebagai pengakuan nasional atas peran penting dalam perikanan di Indonesia, desa juga akan memiliki museum perikanan dan terumbu karang buatan untuk meningkatkan kesadaran pengunjung terhadap lingkungan.

 

Pujian dari Juri

Atas nama tim penilai, Dr Ir. M. Basoeki Hadimoeljono, Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum Indonesia, memuji kerja yang sangat baik dilakukan oleh semua anggota tim. Dalam laporan juri, ia menekankan pentingnya mendengarkan suara para generasi penerus dan mendorong siswa untuk terus membantu pengelolan air yang lebih baik di Indonesia.

 

Didukung oleh Para Ahli Belanda

The Indonesia-Netherlands Water Challenge didukung baik oleh pihak swasta maupun public, seperti: Van Oord, BAM International, Deltares Royal Haskoning DHV, Vopak, Rabobank, Kementerian Infrastruktur dan Lingkungan Belanda, Netherlands Water Partnership, INA, UNESCO-IHE , CKNet, Kedutaan Besar Belanda dan Nuffic Neso Indonesia.

 

 

Nuffic Neso Indonesia

 

Nuffic Neso Indonesia adalah organisasi non-profit yang ditunjuk resmi dan didanai oleh pemerintah Belanda untuk menangani berbagai hal yang berkaitan dengan pendidikan tinggi Belanda. Neso Indonesia adalah perwakilan Nuffic, organisasi Belanda yang menangani kerja sama internasional di bidang pendidikan tinggi. Neso Indonesia menyediakan informasi serta memberikan konsultasi secara cuma-cuma mengenai lebih dari 1.800 program studi yang diberikan dalam bahasa Inggris. Neso Indonesia juga memprakarsai dan memfasilitasi kerja sama di bidang pendidikan tinggi antara institusi di Indonesia dan Belanda. Bersama dengan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Indonesia, setiap tahun Neso Indonesia menawarkan program beasiswa bagi sekitar 250 warga negara Indonesia dalam bentuk program master dan pelatihan.

 

***

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Inty Dienasari

Nuffic Neso Indonesia, www.nesoindonesia.or.id

Telp: 5290 2172 ext. 214

E-mail: inty.dienasari@nesoindonesia.or.id

 

Informasi lebih lanjut mengenai The Holland Water Challenge silakan mengunjungi website www.hollandwaterchallenge.nl

 


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


95.3%Indonesia Indonesia
2.2%United States United States
0.6%Singapore Singapore
0.3%Russian Federation Russian Federation
0.2%Malaysia Malaysia
0.1%Hong Kong Hong Kong
0.1%Japan Japan
0.1%Taiwan Taiwan
0%Australia Australia
0%China China

Today: 1
Yesterday: 138
This Week: 388
Last Week: 845
This Month: 877
Last Month: 22042
Total: 835883
Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi