Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Kebutuhan Dokter Hewan Sangat Tinggi


Rabu, 8 Januari 2014

Masih dibutuhkan ribuan dokter hewan di Indonesia. Profesi dokter hewan di Indonesia sudah berjalan hampir lebih dari 1 abad. Namun pertumbuhan jumlah dokter hewan cenderung lambat, meskipun telah terdapat 10 universitas yang menyelenggarakan pendidikan dokter hewan.

Menurut Joko (Dekan Fakultas Kedokteran Hewan UGM) menyatakan bahwa kesempatan profesi dokter hewan di Indonesia masih terbuka lebar akses. Terdapat 38 bidang yang bisa ditembus oleh dokter hewan: sektor teknologi pangan, perlindungan, konsumen, legislasi, kesejahteraan hewan, karantina, perlindungan lingkungan, pendidikan, dan riset.

Masyarakat masih belum mengenal profesi kedokteran hewan secara mayoritas. Sebagian besar hanya mengetahui bahwa tugas seorang dokter hewan dalam mengobati hewan yang sakit dan mencegah penularan penyakit hewan ke manusia. Sementara jasa layanan dokter hewan lainnya di sektor-sektor yang disebutkan di atas masih kurang dimengerti.

Di bidang peternakan dan teknologi pangan, seorang dokter hewan dapat menjaga kesehatan hewan ternak dan mengawasi proses pengolahan hasil ternak sehingga dapat dikonsumsi dengan aman. Seperti di kasus flu burung, dokter-dokter hewanlah yang beraksi mengamankan masyarakat dari bahaya penularan.

Adapun dokter hewan yang berpartisipasi dalam pengembangan obat-obatan untuk hewan dan perlindungan binatang langka. Tentu saja ada dokter hewan yang mengambil spesialisasi merawat hewan liar dan hewan peliharaan, dari anjing, kucing, burung, hingga reptil.

Dengan jenis-jenis profesi yang menarik ini, seorang lulusan kedokteran hewan bisa bekerja untuk pemerintah, perusahaan swasta ataupun membuka praktik sendiri.

Walau tidak digemari oleh masyarakat, jurusan ini sangat menarik. Mungkin kamu akan perlu jelaskan ke orang tuamu mengapa kamu mau mengambil jurusan ini. Semoga informasi ini membantu.

Sumber:

http://www.radarjogja.co.id/belum-kenal-profesi-dokter-hewan/

http://kedok-hewan.blogspot.com/2012/06/pengertian-profesi-kedokteran-hewan.html


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


95,3%Indonesia Indonesia
2,2%United States United States
0,6%Singapore Singapore
0,3%Russian Federation Russian Federation
0,2%Malaysia Malaysia
0,1%Hong Kong Hong Kong
0,1%Japan Japan
0,1%Taiwan Taiwan
0%Australia Australia
0%China China

Today: 55
Yesterday: 127
This Week: 304
Last Week: 845
This Month: 793
Last Month: 22042
Total: 835799
Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi