Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Kampus Internasional: Definisi


Kamis, 12 November 2015

Pernah terpikir apakah kampus impian kamu (atau kampus kamu sekarang, untuk para mahasiswa) termasuk ‘kampus internasional’? Kampus-kampus terdepan di seluruh dunia sedang berusaha mencapai suatu titik di mana mereka diindentifikasi dengan kata ‘internasional’, baik dari segi standar kurikulum dan pengajaran maupun pengalaman mahasiswanya di luar lingkungan kuliah. Nah, maksud ‘internasional’ itu yang seperti apa sih? Apa yang biasanya ada di kampus-kampus berstandar ‘internasional’? Biar makin kritis pilih kampus, yuk baca dulu!

 

Pusat Bahasa & Kebudayaan

Kampus yang ingin relevan dengan era globalisasi memiliki pusat atau laboratorium bahasa dan/atau pusat kebudayaan. Pusat bahasa biasanya menyediakan kursus bahasa asing dan segala materi-materi yang membantu kamu mengasah kemampuan bahasa asing – software untuk belajar listening, kamus-kamus, dan buku-buku asing. Selain itu, biasanya mereka menawarkan simulasi tes untuk mengukur kemampuan mahasiswanya, seperti tes TOEFL pastinya. Untuk pusat bahasa yang merangkap sebagai pusat kebudayaan, mereka sering mengadakan acara-acara fun dan edukatif yang bertemakan kesenian dan budaya supaya belajar tentang budaya asing bukan cuma duduk di kelas saja, tapi juga menikmati seperti pas kamu jalan-jalan ke negara yang terkait.

 

Kerjasama dengan Kampus Luar Negeri

Kampus berstandar internasional biasanya memiliki kerjasama dengan kampus lain di luar negeri. Mereka punya program pertukaran hasil kajian atau riset dan pertukaran pelajar (student exchange). Ada beberapa kampus ternama di Indonesia yang sudah punya kantor kerjasama luar negeri.

 

Dosen Asing

Kebayang kan serunya kalau kuliah diajar oleh dosen asing? Rasanya seperti kuliah di luar negeri tanpa harus terbang. Beberapa kampus berstandar internasional merekrut dosen asing untuk mengajar mata kuliah tertentu – bisnis dan hukum internasional, bahasa asing, ilmu hubungan dan politik internasional. Pasti ada beberapa, yang secara sengaja maupun tidak, cerita tentang latar belakang mereka dan mengajar dengan gaya belajar-mengajar di negara asalnya. Asik kan? Eh, jangan lupa! Ada dosen-dosen berdarah Indonesia yang punya gelar dari luar negeri – mereka juga bisa dibilang dosen berstandar internasional donk!

 

Kurikulum Bilingual

Kalau ada dosen asing, tentunya bahasa yang digunakan adalah bahasa asing. Bahasa Inggris adalah bahasa wajib buat kamu yang ingin kuliah di kampus internasional. English is a must! Untuk kampus-kampus yang serius dengan standar internasional mereka, kurikulum dibuat sedemikian rupa sehingga dosen lokal maupun asing mengajar dengan bahasa Inggris, dan dari jumlah semua mata kuliah, mata kuliah berbasis bahasa Inggris mencapai 40% atau lebih.

 

Untuk yang ingin masuk kuliah, cek dulu apakah kampus kamu punya fasilitas-fasilitas di atas.

 

Untuk yang sudah kuliah, yuk komen di bawah ini jika kamu punya pengalaman menarik di kampus-kampus internasional di Indonesia!


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


94.8%Indonesia Indonesia
2.7%United States United States
0.5%Singapore Singapore
0.5%Russian Federation Russian Federation
0.2%Malaysia Malaysia
0.1%Hong Kong Hong Kong
0.1%Japan Japan
0.1%Taiwan Taiwan
0%Netherlands Netherlands
0%Australia Australia

Today: 56
Yesterday: 112
This Week: 555
Last Week: 845
This Month: 1044
Last Month: 22042
Total: 836050
Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi