Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Kampus Internasional: Definisi


Kamis, 12 November 2015

Per­nah ter­pikir apakah kam­pus impian kamu (atau kam­pus kamu sekarang, untuk para maha­siswa) ter­ma­suk ‘kam­pus inter­na­sion­al’? Kam­pus-kam­pus ter­de­pan di selu­ruh dunia sedang berusa­ha men­ca­pai suatu titik di mana mereka diin­den­ti­fikasi den­gan kata ‘inter­na­sion­al’, baik dari segi stan­dar kuriku­lum dan pen­ga­jaran maupun pen­gala­man maha­siswanya di luar lingkun­gan kuli­ah. Nah, mak­sud ‘inter­na­sion­al’ itu yang seper­ti apa sih? Apa yang biasanya ada di kam­pus-kam­pus ber­stan­dar ‘inter­na­sion­al’? Biar mak­in kri­tis pil­ih kam­pus, yuk baca dulu!

 

Pusat Bahasa & Kebudayaan

Kam­pus yang ing­in rel­e­van den­gan era glob­al­isasi memi­liki pusat atau lab­o­ra­to­ri­um bahasa dan/atau pusat kebu­dayaan. Pusat bahasa biasanya menye­di­akan kur­sus bahasa asing dan segala materi-materi yang mem­ban­tu kamu men­gasah kemam­puan bahasa asing – soft­ware untuk bela­jar lis­ten­ing, kamus-kamus, dan buku-buku asing. Selain itu, biasanya mereka menawarkan sim­u­lasi tes untuk men­gukur kemam­puan maha­siswanya, seper­ti tes TOEFL pastinya. Untuk pusat bahasa yang merangkap seba­gai pusat kebu­dayaan, mereka ser­ing men­gadakan acara-acara fun dan edukat­if yang bertemakan kese­ni­an dan budaya supaya bela­jar ten­tang budaya asing bukan cuma duduk di kelas saja, tapi juga menikmati seper­ti pas kamu jalan-jalan ke negara yang terkait.

 

Kerjasama dengan Kampus Luar Negeri

Kam­pus ber­stan­dar inter­na­sion­al biasanya memi­liki ker­jasama den­gan kam­pus lain di luar negeri. Mereka pun­ya pro­gram per­tukaran hasil kajian atau riset dan per­tukaran pela­jar (stu­dent exchange). Ada beber­a­pa kam­pus ter­na­ma di Indone­sia yang sudah pun­ya kan­tor ker­jasama luar negeri.

 

Dosen Asing

Kebayang kan serun­ya kalau kuli­ah dia­jar oleh dosen asing? Rasanya seper­ti kuli­ah di luar negeri tan­pa harus ter­bang. Beber­a­pa kam­pus ber­stan­dar inter­na­sion­al merekrut dosen asing untuk men­ga­jar mata kuli­ah ter­ten­tu – bis­nis dan hukum inter­na­sion­al, bahasa asing, ilmu hubun­gan dan poli­tik inter­na­sion­al. Pasti ada beber­a­pa, yang secara sen­ga­ja maupun tidak, cer­i­ta ten­tang latar belakang mereka dan men­ga­jar den­gan gaya bela­jar-men­ga­jar di negara asal­nya. Asik kan? Eh, jan­gan lupa! Ada dosen-dosen berdarah Indone­sia yang pun­ya gelar dari luar negeri – mereka juga bisa dibi­lang dosen ber­stan­dar inter­na­sion­al donk!

 

Kurikulum Bilingual

Kalau ada dosen asing, ten­tun­ya bahasa yang digu­nakan adalah bahasa asing. Bahasa Ing­gris adalah bahasa wajib buat kamu yang ing­in kuli­ah di kam­pus inter­na­sion­al. Eng­lish is a must! Untuk kam­pus-kam­pus yang serius den­gan stan­dar inter­na­sion­al mereka, kuriku­lum dibu­at sedemikian rupa sehing­ga dosen lokal maupun asing men­ga­jar den­gan bahasa Ing­gris, dan dari jum­lah semua mata kuli­ah, mata kuli­ah berba­sis bahasa Ing­gris men­ca­pai 40% atau lebih.

 

Untuk yang ing­in masuk kuli­ah, cek dulu apakah kam­pus kamu pun­ya fasil­i­tas-fasil­i­tas di atas.

 

Untuk yang sudah kuli­ah, yuk komen di bawah ini jika kamu pun­ya pen­gala­man menarik di kam­pus-kam­pus inter­na­sion­al di Indone­sia!


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi