Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Indonesian Youth Diplomacy


Selasa, 31 Desember 2013

Indone­sian Youth Diplo­ma­cy: Wadah Bagi Pemu­da Indone­sia untuk Bela­jar Lebih Dalam ten­tang Diplo­masi

 

Jakar­ta, 30 Desem­ber 2013 – Sekumpu­lan anak muda Indone­sia yang ter­tarik den­gan isu-isu inter­na­sion­al mulai dari ekonomi, finan­sial, iklim dan budaya, mendirikan sebuah organ­isasi berna­ma Indone­sia Youth Diplo­ma­cy (IYD). Sen­in 23 Desem­ber 2013 di pusat kebu­dayaan Amerika Serikat @america, organ­isasi terse­but resmi dilun­curkan. Pendiri­an organ­isasi ini bertu­juan untuk meningkatkan kap­a­sitas dan par­tisi­pasi pemu­da dalam diplo­masi inter­na­sion­al, juga meningkatkan kon­tribusi ter­hadap pem­ban­gu­nan nasion­al dan ker­jasama inter­na­sion­al. Bertin­dak seba­gai Project Lead­er IYD launch, Gra­cia Paramitha dan tim berharap IYD bisa men­jadi wadah bagi pemu­da-pemudi Indone­sia yang ter­tarik pada isu-isu pem­ban­gu­nan, finan­sial, lingkun­gan, dan ekonomi di skala inter­na­sion­al. Selain itu, IYD mem­beri kesem­patan bagi pemu­da untuk men­dalami isu-isu terse­but dan men­gap­likasikan penge­tahuan dalam kegiatan strate­gis di mana pemu­da bisa mengem­bangkan jaringan dan ker­jasama.

 

Ket­ua BKPM Mahen­dra Sire­gar pada sambu­tan­nya di acara pelun­cu­ran Indone­sian Youth Diplo­ma­cy menekankan pent­ingnya sebuah visi yang ing­in diraih dalam berdiplo­masi. Namun, Visi terse­but harus dis­er­tai den­gan kemam­puan komu­nikasi yang baik. “Diplo­masi harus dilakukan den­gan visi yang jelas berdasarkan tar­get yang ing­in kita capai. Diplo­masi yang baik dim­u­lai den­gan visi, lalu kemu­di­an kita harus menge­tahui bagaimana cara men­go­mu­nikasikan visi terse­but den­gan baik.”

 

Co-Chair IYD Natasha Ardiani menu­turkan, pada awal berdirinya di tahun 2010, IYD hanya berfokus pada pen­gi­r­i­man del­e­gasi pemu­da ke G20 Youth Sum­mits / Y20 Sum­mits. Namun seir­ing ber­jalan­nya wak­tu, IYD men­coba mem­per­lu­as port­fo­lio den­gan menam­bah beber­a­pa pro­gram seper­ti Fran­co-Indone­sian Youth Fel­low­ship, UN Youth Del­e­gates dan Post-2015 Devel­op­ment Agen­da. “Tar­get kami agar pemu­da Indone­sia dap­at berkon­tribusi lebih besar dan secara berkesinam­bun­gan pada forum-forum inter­na­sion­al strate­gis, teruta­ma yang mem­pen­garuhi kebi­jakan di tingkat region­al dan glob­al. Kami berharap lebih banyak pemu­da ‘melek isu’ baik di tingkat region­al dan glob­al yang mem­pen­garuhi arah kebi­jakan dalam negeri.”

 

Di era glob­al­isasi di mana interkonek­tiv­i­tas sudah semak­in tinggi dan batas negara sudah semak­in kabur, pent­ing bagi pemu­da untuk ter­bekali den­gan kemam­puan diplo­masi. Pemu­da kini bisa mengam­bil per­an seba­gai penga­mat, pelaku atau pen­gawas dalam pros­es diplo­masi dan pengam­bi­lan kebi­jakan. Diplo­masi tidak hanya ter­jadi di meja perundin­gan dan oleh ‘diplo­mat’ atau pihak yang memi­liki otori­tas. Untuk men­jam­in ter­jadinya hal terse­but, IYD secara inten­sif melakukan capac­i­ty build­ing untuk men­dorong kemi­traan glob­al den­gan berba­gai pemangku kepentin­gan,” tutur Natasha menam­bahkan.

 

Indone­sian Youth Diplo­ma­cy berpen­da­p­at seti­ap war­ga negara bisa men­jadi cit­i­zen diplo­mat bagi negaranya sendiri. Namun dalam pelak­sanaan dan tata cara rekrut­men, IYD memi­liki beber­a­pa per­syaratan bagi sia­papun yang ing­in bergabung dalam pro­gram-pro­gram yang dikelo­la oleh IYD. Di antaranya, war­ga negara Indone­sia, beru­mur 18–30 tahun, bersta­tus pela­jar, lulus per­gu­ru­an tinggi atau sedang bek­er­ja, dan memi­liki pema­haman yang baik ter­hadap isu-isu terkait pro­gram yang yang sedang dijalankan. Untuk tau lebih jauh ten­tang IYD, silahkan cek laman www.indonesianyouthdiplomacy.org atau akun media sosial twit­ter IYD @iYouthDiplomacy.

 

Untuk infor­masi lebih lan­jut, hubungi:

Natasha Ardiani (Co Chair, Indone­sian Youth Diplo­ma­cy)

natasha.ardiani@gmail.com

 

Gra­cia Paramitha (Project Lead­er IYD Launch)

gracia.paramitha89@gmail.com

 

Kania Kin­tani Muksin (Ket­ua Rekrut­men Y20 Sum­mit 2014)

kania.muksin@gmail.com

 

Email umum: info@indonesianyouthdiplomacy.org


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi