Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

CDT IPB 2015: Stand Out in Your Future Career


Selasa, 19 Mei 2015

Press Release 1

 

 

Press Release 2

 

Bogor, 16 Mei 2015 – Tepat pukul 07.00 pagi, meja registrasi acara Career Development Training memulai kesibukannya menerima kurang lebih 50 peserta yang dengan semangat hadir di Auditorium Andi Hakim Nasoetion, Kampus IPB Dramaga. Lima puluh peserta yang datang tepat waktu ini mendapatkan tiket jobfair dan scholarship expo yang rencananya akan digelar pada 23-24 Mei 2015 mendatang di Grha Widya Wisuda oleh Direktorat Career Development Alumni and Affairs IPB.

 

Career Development Training adalah seminar dan pelatihan tentang persiapan dunia kerja dan pasca kampus yang merupakan program kerja dari Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa, BEM KM IPB 2015. Memasuki tahun ke-4, Career Development Training atau yang lebih sering dikenal dengan CDT ini mengupas tuntas tentang Personal Branding yang dikemas dengan tema Stand out in Your Future Career. Adapun target dari Career Development Training adalah mahasiswa tingkat akhir baik dari IPB maupun non IPB. Sekitar 280 peserta mengikuti rangkaian kegiatan yang dilaksanakan sejak pukul 7 pagi hingga 3 sore.

 

Dimulai dengan pembukaan dari Master of Ceremony, Galih dan Pristi mengawali acara dengan apik. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pelaksana Career Development Training 2015, Iben Mochamad Mulya Saputra, dan Wakil Presiden Mahasiswa Dadan Hudanulhak serta Bapak Dr. Nandi Kosmaryandi, M.Sc. F. Trop selaku perwakilan dari CDA IPB. Selanjutnya sesi pertama yaitu seminar dengan tema Brand Yourself! menghadirkan Dr. Freddy Rangkuti berlangsung selama 1 jam.

 

Personal branding adalah seni, shaping stakeholder’s perception over time.” Kata Bu Amalia. Salah satu kriteria seseorang yang mempunyai personal branding kuat adalah mampu menghadapi ujian waktu, dimana orang tersebut tetap dibutuhkan oleh audiens, cemerlang karena dirinya sendiri, dan konsisten menjadi tokoh yang asli dan unik. Kak Leo kemudian menambahkan bahwa kita harus dikenal seseorang dengan personal branding yang baik. Personal branding tersebut bisa terbentuk dari kelebihan atau minat yang kita miliki.

 

Setelah ishoma, sharing session bersama konsultankarir.com pun dimulai dengan pembahasan surat lamaran kerja dan curriculum vitae. Peserta terlebih dahulu dibagikan contoh surat lamaran kerja dan CV yang kemudian dikoreksi bersama. Beberapa peserta diminta menyampaikan pendapat tentang kesalahan yang tidak seharusnya dilakukan dalam membuat surat lamaran kerja dan CV. Memasuki akhir acara, simulasi wawancara kerja pun dilakukan. Vidia Nidaul, yang berasal dari program studi Ekonomi Sumber Daya Lingkungan IPB maju ke atas panggung untuk diwawancarai secara langsung oleh Ardiningtyas Pitaloka, seorang penulis buku My Passion My Career sekaligus professional dari konsultankarir.com.

 

Menurut konsultankarir.com, hal yang paling riskan dalam wawancara adalah saat ditanya tentang kelebihan dan kelemahan pelamar kerja. “Kita sering terlalu percaya diri menjabarkan kelebihan kita, sementara saat ditanya kelemahan diri para pelamar malah bingung dan takut. Ada teknik khusus untuk menyampaikan kelemahan diri dengan baik, yaitu menggunakan kalimat kiasan. Misalnya sulit berkomunikasi dengan orang baru, bisa diganti dengan kalimat ‘cenderung berhati-hati bila bertemu dengan orang yang belum lama dikenal’ begitu. ”

 

Mbak Tyas juga tidak lupa menyampaikan tentang konsep wawancara kerja yang saat ini sedang jadi trend di dunia kerja yakni Leaderless Group Discussion. Selain digunakan untuk lamaran kerja, LGD  juga disimulasikan untuk rapat dengan pihak eksternal perusahaan. Ada beberapa hal yang biasanya diperhatikan oleh asesor atau tim penilai wawancara ketika LGD dilakukan, antara lain inisiatif kandidat, kemampuan negosiasi dan problem solving, serta team work.

 

Terakhir, di penghujung acara dibagikan doorprize bagi peserta yang aktif bertanya pada narasumber dan berani maju ke atas panggung untuk jargon CDT 2015. Hadiah yang diberikan berupa tiket Meet and Greet Farah Quinn yang dipersembahkan oleh sop duren lodaya, tiket job fair dan scholarship expo, kaos dan kupon makan di rumah makan Dahlia dan Ameramen, serta bingkisan menarik lainnya dari Sophie Martin. Secara keseluruhan, Career Development Training 2015 berjalan lancar dan sukses dengan banyak dukungan sponsor dan media partner serta animo pendaftar baik IPB maupun non IPB yang melebihi kuota yang disediakan panitia.


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


95.7%Indonesia Indonesia
2%United States United States
0.6%Singapore Singapore
0.2%Russian Federation Russian Federation
0.2%Malaysia Malaysia
0.1%Hong Kong Hong Kong
0.1%Taiwan Taiwan
0.1%Japan Japan
0%Australia Australia
0%China China

Today: 20
Yesterday: 111
This Week: 20
Last Week: 845
This Month: 509
Last Month: 22042
Total: 835515
Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi