Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

5 Jurusan Kesehatan Terpopuler di Indonesia


Minggu, 9 Agustus 2015

Entah sejak kapan, tapi yang jelas kalau lulus SMA langsung berlanjut kuliah di bidang kesehatan jadi terasa keren banget di mata orang-orang, ya nggak? Ini dia 5 jurusan kesehatan terpopuler di Indonesia!

 

1. Kedokteran dan Kedokteran Gigi

Ini adalah dua jurusan bidang kesehatan yang paling dikagumi di Indonesia. Menjadi dokter adalah cita-cita mulia yang pastinya jadi idaman banyak orang tua bagi anak-anaknya. Kuliah untuk menjadi dokter pun berat, maka seleksinya pun terkenal sangat susah, baik di PTN maupun PTS. Rasio dokter di Indonesia masih sangat rendah – 1 orang dokter untuk 4.000 ribu penduduk. [CNN] Buat kamu yang baca artikel ini dan semangat untuk jadi dokter, ini kesempatan untuk berbakti untuk tanah air, sambil berkarir dan menyelamatkan/menyembuhkan jiwa.

 

  1. Kebidanan

Jurusan kebidanan adalah jurusan kesehatan yang semua mahasiswanya perempuan. Mengapa tidak ada bidan laki-laki? Di Indonesia, jurusan kebidanan memang diperuntukkan untuk perempuan karena bidan adalah sahabat ibu dan anak. Karena melahirkan di rumah sakit seringkali menjadi pengeluaran tinggi, profesi kebidanan dibutuhkan di Indonesia untuk menjamin keselamatan ibu dan anak dengan proses melahirkan yang alami.

 

Kebidanan

 

  1. Keperawatan

Berbeda dengan kebidanan, laki-laki dan perempuan boleh mendaftar di jurusan keperawatan. Pelajaran yang diterima oleh mahasiswa jurusan keperawatan hampir sama dengan mahasiswa jurusan kedokteran. Namun, untuk prakteknya dokter lebih mengarah pada diagnosa dan solusi pengobatan; sedangkan perawat menangani pasien sehari-harinya.

Kendedes

 

  1.  Gizi

Selama manusia butuh makanan untuk bertahan hidup, selama itu pula mahasiswa ilmu gizi diperlukan. Jurusan ilmu gizi di Indonesia tersedia dengan jenjang D3, D4 dan S1. Lulusan ilmu gizi dibutuhkan dalam industri kesehatan, dan juga industri pangan dan kecantikan. Beda dengan seni kuliner, ilmu gizi berfokus pada sains bahan-bahan makanan, bukan memasak. Buat kamu yang ingin mempelajari sumber dan aplikasi bahan-bahan makanan yang sehat, jadi ahli gizi donk!

 

  1. Kesehatan Masyarakat

Jika dokter, perawat dan bidan tugasnya mengobati masyarakat, lulusan kesehatan masyarakat berperan dalam manajemen pencegahan wabah penyakit secara umum dan adminstrasi kesehatan. Contohnya adalah menangani kasus gizi buruh di masyarakat miskin atau menangani penyebaran wabah penyakit seperti demam berdarah. Mencegah lebih baik daripada mengobati kan!

Kesehatan Masyarakat

 

Referensi:

Jumlah Tenaga Kesehatan Dinilai Masih Jauh dari Ideal, CNN Indonesia, 12 Feb 2015


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


95.3%Indonesia Indonesia
2.2%United States United States
0.6%Singapore Singapore
0.3%Russian Federation Russian Federation
0.2%Malaysia Malaysia
0.1%Hong Kong Hong Kong
0.1%Japan Japan
0.1%Taiwan Taiwan
0%Australia Australia
0%China China

Today: 54
Yesterday: 127
This Week: 303
Last Week: 845
This Month: 792
Last Month: 22042
Total: 835798
Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi