Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

5 Jurusan Kesehatan Terpopuler di Indonesia


Minggu, 9 Agustus 2015

Entah sejak kapan, tapi yang jelas kalau lulus SMA lang­sung berlan­jut kuli­ah di bidang kese­hatan jadi terasa keren banget di mata orang-orang, ya nggak? Ini dia 5 juru­san kese­hatan ter­pop­uler di Indone­sia!

 

1. Kedok­ter­an dan Kedok­ter­an Gigi

Ini adalah dua juru­san bidang kese­hatan yang pal­ing dik­agu­mi di Indone­sia. Men­jadi dok­ter adalah cita-cita mulia yang pastinya jadi idaman banyak orang tua bagi anak-anaknya. Kuli­ah untuk men­jadi dok­ter pun berat, maka seleksinya pun terke­nal san­gat susah, baik di PTN maupun PTS. Rasio dok­ter di Indone­sia masih san­gat ren­dah – 1 orang dok­ter untuk 4.000 ribu pen­duduk. [CNN] Buat kamu yang baca artikel ini dan seman­gat untuk jadi dok­ter, ini kesem­patan untuk berbak­ti untuk tanah air, sam­bil berkarir dan menyelamatkan/menyembuhkan jiwa.

 

  1. Kebidanan

Juru­san kebidanan adalah juru­san kese­hatan yang semua maha­siswanya perem­puan. Men­ga­pa tidak ada bidan laki-laki? Di Indone­sia, juru­san kebidanan memang dipe­run­tukkan untuk perem­puan kare­na bidan adalah saha­bat ibu dan anak. Kare­na melahirkan di rumah sak­it ser­ingkali men­jadi pen­gelu­aran tinggi, pro­fe­si kebidanan dibu­tuhkan di Indone­sia untuk men­jam­in kese­la­matan ibu dan anak den­gan pros­es melahirkan yang alami.

 

Kebidanan

 

  1. Keper­awatan

Berbe­da den­gan kebidanan, laki-laki dan perem­puan boleh mendaf­tar di juru­san keper­awatan. Pela­jaran yang diter­i­ma oleh maha­siswa juru­san keper­awatan ham­pir sama den­gan maha­siswa juru­san kedok­ter­an. Namun, untuk prak­teknya dok­ter lebih men­garah pada diag­nosa dan solusi pen­go­b­atan; sedan­gkan per­awat menan­gani pasien sehari-harinya.

Kendedes

 

  1.  Gizi

Sela­ma manu­sia butuh makanan untuk berta­han hidup, sela­ma itu pula maha­siswa ilmu gizi diper­lukan. Juru­san ilmu gizi di Indone­sia terse­dia den­gan jen­jang D3, D4 dan S1. Lulu­san ilmu gizi dibu­tuhkan dalam indus­tri kese­hatan, dan juga indus­tri pan­gan dan kecan­tikan. Beda den­gan seni kulin­er, ilmu gizi berfokus pada sains bahan-bahan makanan, bukan memasak. Buat kamu yang ing­in mem­pela­jari sum­ber dan aplikasi bahan-bahan makanan yang sehat, jadi ahli gizi donk!

 

  1. Kese­hatan Masyarakat

Jika dok­ter, per­awat dan bidan tugas­nya men­go­b­ati masyarakat, lulu­san kese­hatan masyarakat berper­an dalam man­a­je­men pence­ga­han wabah penyak­it secara umum dan admin­strasi kese­hatan. Con­tohnya adalah menan­gani kasus gizi buruh di masyarakat miskin atau menan­gani penye­baran wabah penyak­it seper­ti demam berdarah. Mence­gah lebih baik dari­pada men­go­b­ati kan!

Kesehatan Masyarakat

 

Ref­er­en­si:

Jum­lah Tena­ga Kese­hatan Dini­lai Masih Jauh dari Ide­al, CNN Indone­sia, 12 Feb 2015


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi