Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

4 Penyedia Beasiswa Buat Mahasiswa


Berhasil mendapat beasiswa selalu menjadi impian bagi tiap mahasiswa. Beasiswa memang banyak banget jenisnya, termasuk juga banyak jenis penyelenggara beasiswa tersebut. Secara umum, ada empat jenis penyelenggara atau penyedia beasiswa yang bisa kita dapatkan saat berkuliah. Nah, ini dia !

Kampus

Umumnya kampus punya program beasiswa sendiri, khusus untuk mahasiswanya. Eitss, bukan berarti mereka pakai beasiswa buat pancingan untuk mahasiswa baru. Beasiswa ini disediakan bagi siswa yang berprestasi. Tapi inget ya, semua ada persyaratan dan tes masuk tertentu yang diselenggarakan oleh kampus atau universitas tersebut. Beberapa kampus yang menyediakan beasiswa untuk mahasiswanya yaitu:

Universitas Esa Unggul, memberikan Beasiswa Unggulan 100% kepada 250 lulusan SMA/ sederajat tahun 2016 berprestasi dengan nilai rapor semester 1-8 rata-rata 8,00 dan nilai UN rata-rata min. 7,5

Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), memberikan Beasiswa Unggulan bagi mahasiswa baru serta Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) dan BPEL (Bantuan Pendidikan untuk Ekonomi Lemah) bagi mahasiswa lama

LaSalle College Surabaya, memberikan beasiswa pendidikan yang berlaku untuk semua intake dengan total beasiswa 12 juta rupiah

Universitas Ma Chung, memberikan beasiswa pendidikan bagi mahasiswa baru dalam dua gelombang pendaftaran, beasiswa tersebut mencakup seluruh kebutuhan selama 4 tahun pendidikan

Universitas Muhammadiyah Gresik, memberikan sejumlah beasiswa bagi mahasiswa baru (beasiswa rektor, prestasi, penyerikatan dll) dan mahasiswa lama (beasiswa PPA dan BBP-PPA)

Yayasan

Yayasan yang dimaksud disini adalah yayasan yang bergerak dibidang sosial atau amal untuk pendidikan, berbeda dengan yayasan yang dimiliki perusahaan besar. Beasiswa dari yayasan semacam ini biasanya lebih banyak diberikan untuk calon mahasiswa kurang mampu yang berasal dari daerah-daerah yang masih belum maju atau tertinggal. Tujuannya agar setelah lulus kuliah nanti mereka bisa kembali atau pulang kampung untuk memajukan daerahnya, dengan kata lain ada masa baktinya. Supaya bisa terpilih menjadi penerima beasiswa seperti ini, kamu harus aktif berorganisasi dan berprestasi dibidang akademik. Beberapa contoh yayasan dalam negeri yang menawarkan beasiswa adalah Beasiswa Orbit dari Yayasan Orbit Hasri Ainun Habibie dan Beasiswa Etos dari Yayasan Dompet Dhuafa. 

 

etos1

Pemerintah

Pemerintah Indonesia tentu memberikan berbagai jenis beasiswa yang dana dan programnya secara keseluruhan ditanggung dan diorganisir oleh pemerintah. Salah satu beasiswa yang hits bagi mahasiswa S1 dalam negeri adalah Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) dan BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa) dari DIKTI (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi). Selain itu ada beasiswa untuk berkuliah S2 baik di dalam negeri atau luar negeri yaitu Beasiswa LPDP dari Kementrian Keuangan. Mereka akan meng-cover seluruh kebutuhanmu selama menjalani pendidikan S2 baik di dalam maupun luar negeri.

bidik misi

Perusahaan

Tiap perusahaan biasanya memiliki program CSR (Corporate Social Repsonsibility) atau tanggung jawab sosial yang wajib dilaksanakan. Salah satu programnya berhubungan dengan bidang pendidikan yakni memberikan beasiswa pendidikan bagi anak muda Indonesia. Beberapa contoh perusahaan yang memberikan beasiswa sebagai program CSR nya adalah PT. BCA Finance dengan Beasiswa BCA Finance, PT. Djarum Foundation dengan Djarum Beasiswa Plus, dan PT. Pertamina Tbk. dengan Beasiswa Sobat Bumi Pertamina.


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


94.8%Indonesia Indonesia
2.7%United States United States
0.5%Singapore Singapore
0.5%Russian Federation Russian Federation
0.2%Malaysia Malaysia
0.1%Hong Kong Hong Kong
0.1%Japan Japan
0.1%Taiwan Taiwan
0%Netherlands Netherlands
0%Australia Australia

Today: 65
Yesterday: 112
This Week: 564
Last Week: 845
This Month: 1053
Last Month: 22042
Total: 836059
Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi