Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

4 Penyedia Beasiswa Buat Mahasiswa


Berhasil men­da­p­at bea­siswa selalu men­jadi impian bagi tiap maha­siswa. Bea­siswa memang banyak banget jenis­nya, ter­ma­suk juga banyak jenis penye­leng­gara bea­siswa terse­but. Secara umum, ada empat jenis penye­leng­gara atau penye­dia bea­siswa yang bisa kita dap­atkan saat berku­li­ah. Nah, ini dia !

Kampus

Umum­nya kam­pus pun­ya pro­gram bea­siswa sendiri, khusus untuk maha­siswanya. Eitss, bukan berar­ti mereka pakai bea­siswa buat pancin­gan untuk maha­siswa baru. Bea­siswa ini dise­di­akan bagi siswa yang berprestasi. Tapi inget ya, semua ada per­syaratan dan tes masuk ter­ten­tu yang dis­e­leng­garakan oleh kam­pus atau uni­ver­si­tas terse­but. Beber­a­pa kam­pus yang menye­di­akan bea­siswa untuk maha­siswanya yaitu:

Uni­ver­si­tas Esa Ung­gul, mem­berikan Bea­siswa Ung­gu­lan 100% kepada 250 lulu­san SMA/ seder­a­jat tahun 2016 berprestasi den­gan nilai rapor semes­ter 1–8 rata-rata 8,00 dan nilai UN rata-rata min. 7,5

Uni­ver­si­tas Inter­na­sion­al Semen Indone­sia (UISI), mem­berikan Bea­siswa Ung­gu­lan bagi maha­siswa baru ser­ta Bea­siswa PPA (Pen­ingkatan Prestasi Akademik) dan BPEL (Ban­tu­an Pen­didikan untuk Ekonomi Lemah) bagi maha­siswa lama

LaSalle Col­lege Surabaya, mem­berikan bea­siswa pen­didikan yang berlaku untuk semua intake den­gan total bea­siswa 12 juta rupi­ah

Uni­ver­si­tas Ma Chung, mem­berikan bea­siswa pen­didikan bagi maha­siswa baru dalam dua gelom­bang pendaf­taran, bea­siswa terse­but men­cakup selu­ruh kebu­tuhan sela­ma 4 tahun pen­didikan

Uni­ver­si­tas Muham­madiyah Gre­sik, mem­berikan sejum­lah bea­siswa bagi maha­siswa baru (bea­siswa rek­tor, prestasi, peny­erikatan dll) dan maha­siswa lama (bea­siswa PPA dan BBP-PPA)

Yayasan

Yayasan yang dimak­sud disini adalah yayasan yang berg­er­ak dibidang sosial atau amal untuk pen­didikan, berbe­da den­gan yayasan yang dim­i­liki perusa­haan besar. Bea­siswa dari yayasan semacam ini biasanya lebih banyak diberikan untuk calon maha­siswa kurang mam­pu yang berasal dari daer­ah-daer­ah yang masih belum maju atau tert­ing­gal. Tujuan­nya agar sete­lah lulus kuli­ah nan­ti mereka bisa kem­bali atau pulang kam­pung untuk mema­jukan daer­ah­nya, den­gan kata lain ada masa bak­tinya. Supaya bisa ter­pil­ih men­jadi pener­i­ma bea­siswa seper­ti ini, kamu harus aktif beror­gan­isasi dan berprestasi dibidang akademik. Beber­a­pa con­toh yayasan dalam negeri yang menawarkan bea­siswa adalah Bea­siswa Orbit dari Yayasan Orbit Has­ri Ain­un Habi­bie dan Bea­siswa Etos dari Yayasan Dom­pet Dhuafa. 

 

etos1

Pemerintah

Pemer­in­tah Indone­sia ten­tu mem­berikan berba­gai jenis bea­siswa yang dana dan pro­gram­nya secara keselu­ruhan ditang­gung dan dior­gan­isir oleh pemer­in­tah. Salah satu bea­siswa yang hits bagi maha­siswa S1 dalam negeri adalah Bea­siswa Bidik­misi, Bea­siswa PPA (Pen­ingkatan Prestasi Akademik) dan BBM (Ban­tu­an Bela­jar Maha­siswa) dari DIKTI (Direk­torat Jen­der­al Pen­didikan Tinggi). Selain itu ada bea­siswa untuk berku­li­ah S2 baik di dalam negeri atau luar negeri yaitu Bea­siswa LPDP dari Kemen­tri­an Keuan­gan. Mereka akan meng–cov­er selu­ruh kebu­tuhan­mu sela­ma men­jalani pen­didikan S2 baik di dalam maupun luar negeri.

bidik misi

Perusahaan

Tiap perusa­haan biasanya memi­liki pro­gram CSR (Cor­po­rate Social Rep­son­si­bil­i­ty) atau tang­gung jawab sosial yang wajib dilak­sanakan. Salah satu pro­gram­nya berhubun­gan den­gan bidang pen­didikan yakni mem­berikan bea­siswa pen­didikan bagi anak muda Indone­sia. Beber­a­pa con­toh perusa­haan yang mem­berikan bea­siswa seba­gai pro­gram CSR nya adalah PT. BCA Finance den­gan Bea­siswa BCA Finance, PT. Djarum Foun­da­tion den­gan Djarum Bea­siswa Plus, dan PT. Per­t­a­m­i­na Tbk. den­gan Bea­siswa Sobat Bumi Per­t­a­m­i­na.


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi