Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   Login with Facebook

Beasiswa Holland Scholarship untuk S1 & S2


Pendaf­taran Hol­land Schol­ar­ship, bea­siswa Belanda ter­baru, dibuka hari ini. Pro­gram ini men­dukung 768 pela­jar inter­na­sion­al tiap tahun­nya untuk men­em­puh studi S1 atau S2 di Belanda. Selain itu, sebanyak 768 maha­siswa Belanda juga akan men­da­p­atkan ban­tu­an untuk kuli­ah, mag­a­ng atau melakukan riset di negara di luar Area Ekonomi Eropa sela­ma min­i­mal 3 bulan. Tujuan pro­gram Hol­land Schol­ar­ship adalah untuk meningkatkan pro­fil per­gu­ru­an tinggi Belanda dan men­dukung mobil­i­tas pela­jar menu­ju maupun kelu­ar dari Belanda.

 

Bea­siswa Nasion­al

Pro­gram Hol­land Schol­ar­ship adalah bea­siswa nasion­al Belanda untuk pela­jar inter­na­sion­al dan Belanda. Pro­gram ini ter­wu­jud dari ker­jasama Kemente­ri­an Pen­didikan, Budaya dan Ilmu Penge­tahuan Belanda, Asosi­asi Uni­ver­si­tas Riset Belanda (VSNU), Asosi­asi Uni­ver­si­tas Ilmu Ter­a­pan Belanda dan EP-Nuf­fic. Peng­ger­ak pro­gram ini antara lain adalah doku­men Joint Inter­na­tion­al Vision (dit­ulis oleh Asosi­asi Uni­ver­si­tas Riset Belanda dan Asosi­asi Uni­ver­si­tas Ilmu Ter­a­pan Belanda) dan Inter­na­tion­al Vision Mem­o­ran­dum dari Menteri Pen­didikan Belanda (Juni 2014). Empat puluh dela­pan uni­ver­si­tas riset dan uni­ver­si­tas ilmu ter­a­pan Belanda berpar­tisi­pasi dalam pro­gram ini dan juga berkon­tribusi pada seten­gah dari biayanya.

 

Menteri Jet Busse­mak­er: “Pen­gala­man inter­na­sion­al mem­berikan nilai tam­bah yang bagus untuk pela­jar. Mening­galkan kenya­manan lingkun­gan sek­i­tar untuk semen­tara untuk studi atau mag­a­ng di budaya dan lingkun­gan yang berbe­da akan san­gat mem­perkaya pen­gala­man.”

 

Pent­ingnya Inter­na­sion­al­isasi

Pro­gram Hol­land Schol­ar­ship meningkatkan kual­i­tas pen­didikan tinggi lewat kelas yang inter­na­sion­al. Selain itu, pro­gram ini juga mem­ban­tu memas­tikan bah­wa Belanda tetap men­jadi tem­pat ter­baik untuk studi.

 

Pro­gram ini akan mem­per­mu­dah pela­jar untuk mag­a­ng atau men­em­puh seba­gian durasi studi mereka di luar negeri. Pen­gala­man inter­na­sion­al juga mem­ban­tu pela­jar mengem­bangkan kemam­puan inter­na­sion­al, yang akan mem­berikan kesem­patan lebih besar di dunia ker­ja saat lulus nan­ti. Para pela­jar pun men­gang­gap peri­ode studi di luar negeri seba­gai pen­gala­man yang men­gubah hidup.

 

Hol­land Schol­ar­ship
Secara total ada 1.536 bea­siswa yang terse­dia tiap tahun. Pela­jar yang tinggal di Belanda bisa men­da­p­atkan infor­masi lebih lengkap di www.wilweg.nl/hollandscholarship dan melalui insti­tusi tem­pat mereka bela­jar. Pela­jar inter­na­sion­al bisa men­gun­jungi www.studyinholland.nl/hollandscholarship semen­tara pela­jar dari Indone­sia bisa mem­ba­ca ten­tang bea­siswa ini di www.nesoindonesia.or.id/hollandscholarship dan menghubungi Neso Indone­sia.

Pela­jar Belanda akan men­da­p­atkan bea­siswa seni­lai € 1,250 untuk kuli­ah, mag­a­ng atau melakukan riset di negara di luar area Ekonomi Eropa. Untuk pela­jar inter­na­sion­al di luar area Ekonomi Eropa, terse­dia bea­siswa seni­lai € 5,000 untuk studi S1 atau S2. Angkatan per­ta­ma pener­i­ma Hol­land Schol­ar­ship akan berangkat untuk mem­u­lai studi di tahun akademis 2015–2016.

 

Nuf­fic Neso Indone­sia

Nuf­fic Neso Indone­sia adalah organ­isasi non-prof­it yang ditun­juk resmi dan didanai oleh pemer­in­tah Belanda untuk menan­gani berba­gai hal yang berkai­tan den­gan pen­didikan tinggi Belanda. Neso Indone­sia adalah per­wak­i­lan Nuf­fic, organ­isasi Belanda yang menan­gani ker­ja sama inter­na­sion­al di bidang pen­didikan tinggi. Neso Indone­sia menye­di­akan infor­masi ser­ta mem­berikan kon­sul­tasi secara cuma-cuma men­ge­nai lebih dari 2.100 pro­gram studi yang diberikan dalam bahasa Ing­gris. Neso Indone­sia juga mem­prakar­sai dan mem­fasil­i­tasi ker­ja sama di bidang pen­didikan tinggi antara insti­tusi di Indone­sia dan Belanda. Bersama den­gan Kedu­taan Besar Ker­a­jaan Belanda di Indone­sia, seti­ap tahun Neso Indone­sia menawarkan pro­gram bea­siswa bagi sek­i­tar 300 war­ga negara Indone­sia dalam ben­tuk pro­gram mas­ter dan pelati­han.

 

***

Untuk infor­masi lebih lan­jut, silakan hubungi: Inty Dien­asari, Nuf­fic Neso Indone­sia

Telp: 5290 2172 ext. 214   E-mail: [email protected]


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi