Ilustrasi oleh David Ardinaryas Lojaya

Sukses di dunia kuliah, gimana ya caranya? Pastinya jauh berbeda dengan kehidupan sewaktu SMA. Mulai dari gaya dosen menyampaikan materi, proses mengerjakan tugas individu atau kelompok, partisipasi di kelas, sampai mencari koneksi baru. Untuk itu kamu butuh keahlian-keahlian ini :

1. Friendly & Flexible

Berpikiran terbuka itu penting. Semasa kuliah, tentunya kita akan melihat banyak perbedaan pendapat dan kebiasaan hidup antar mahasiswa. Kamu akan terbiasa bertemu dengan teman-teman dari berbagai latar belakang – dari Sabang sampai Merauke. Manfaatkan kesempatan unik ini untuk mengenal kebudayaan dan kebiasaan teman-teman baru dari berbagai daerah dan berbaur bersama mereka!

2. Adaptasi

Dunia kampus sudah tentu sangat berbeda dengan lingkungan SMA. Bagi para perantau, sebulan pertama meninggalkan rumah akan terasa sangat berat. Nah disini kamu dituntut untuk peka terhadap semua perubahan yang ada agar kamu bisa survive untuk hidup mandiri. Kamu harus pintar beradaptasi dengan lingkungan baru, budaya baru, iklim baru dan semua hal baru yang belum pernah kamu banyangkan. Pada saat kamu bisa beradaptasi dengan mudah kamu akan dengan bangga bilang ke diri kamu masing-masing “gue anak rantau!!”.

3. Tahan Banting

Culture shock dan homesick adalah tantangan awal untuk sebagian besar mahasiswa. Pertama kalinya hidup di tempat kos. Sulit mengikuti gaya mengajar dosen dan kurikulum. Tenang! Ini kesempatan buat kamu menguji ketahanan diri. Untuk tantangan akademik, cari teman-teman yang mau belajar bareng atau layanan buat mahasiswa melalui DPA (Dosen Pembimbing Akademik). Kalau sulit membagi waktu, karena banyak banget tanggung jawab sehari-hari seperti cuci baju, cari makanan dan belajar, pastikan kamu buat to-do list yang mudah diikuti. Percayalah bahwa semua ada solusinya!

4. Melek Teknologi

Di era global seperti ini mayoritas siswa SMA sudah memiliki gadget canggih. Teknologi ini harus kalian gunakan untuk kegiatan sehari-hari kalian di kampus. Microsoft Office – Word, Excel dan Powerpoint — tentu saja jadi yang paling utama, untuk mengerjakan tugas-tugas. Cara belajar yang paling gampang dan gratis adalah Youtube dan Google. Banyak sekali video di Youtube yang memberikan tutorial gratis dan mudah dimengerti (sekalian asah Bahasa Inggris kalian). Untuk trik-trik cepat, tentu saja cari di Google.

 

To Be Continued