Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   

Manajemen Rumah Sakit


Pelayanan rumah sakit yang prima dan berkualitas dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat. Pasien yang datang tidak hanya ingin diobati lalu sembuh, tetapi juga mendapatkan pelayanan yang efisien, serta fasilitas yang nyaman. Hal inilah yang menginspirasi didirikannya jurusan Manajemen Rumah Sakit, guna menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki kemampuan hard skill dan soft skill, serta concern di bidang manajemen rumah sakit.

 

Jurusan Manajemen Rumah Sakit adalah jurusan yang unik, karena tidak banyak ditawarkan di universitas–universitas yang ada di Indonesia. Beberapa di antaranya menggolongkannya ke dalam jurusan Kesehatan Masyarakat (dan memasukkannya ke salah satu pilihan peminatan jurusan tersebut). Ada pula yang menggolongkannya ke dalam Fakultas Ekonomi, yakni dalam salah satu peminatan jurusan Manajemen.

 

Definisi manajemen adalah seni melaksanakan dan mengatur sebuah proses perencanaan, pengorganisasian dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien.  Manajemen Rumah Sakit berarti melaksanakan dan menjalankan sistem rumah sakit secara sistematik, serta dapat mengevaluasi program dan kegiatan manajerial rumah sakit, dan mengurus segala kepentingan operasional rumah sakit secara efisien.

 

Sistem pembelajaran pendidikan jurusan ini menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi, dan kemampuan yang ingin dicapai dalam jurusan ini, antara lain:

 

Jika kamu memiliki cita-cita untuk ambil bagian dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di Indonesia dan menyediakan pelayanan medis kepada masyarakat dengan skill kepemimpinan yang efektif, maka jurusan ini adalah jurusan yang tepat. Kamu akan belajar tentang prosedur-prosedur di rumah sakit serta pengadaan perlengkapan rumah sakit dan alat medis secara tepat, sesuai dengan kebutuhan pasien, sehingga menjadikan rumah sakit sebagai tempat pelayanan yang terjangkau, tepat, dan bermutu tinggi.

 

Jurusan Manajemen Rumah Sakit didirikan untuk memenuhi kebutuhan tenaga-tenaga di bidang kesehatan masyarakat baik dalam pelayanan kesehatan, riset maupun pendidikan kesehatan masyarakat dengan mengembangkan metode pendidikan seperti case study, review literature, praktik lapangan dan lain-lain. Lulusan jurusan ini diharapkan mampu merencanakan dan melaksanakan manajemen rumah sakit, serta dapat mengevaluasi program dan kegiatan manajerial rumah sakit.

 

Mata kuliah yang didapat dalam jurusan ini antara lain:

1. Administrasi Rumah Sakit

Dalam mata kuliah ini kamu akan mempelajari tentang pengurusan administrasi rumah sakit, mulai dari administrasi internal rumah sakit hingga pelayanan kepada masyarakat.

2. Keuangan Rumah Sakit

Dalam mata kuliah ini kamu akan mempelajari tentang manajemen dan keuangan rumah sakit.

3. Informatika Kesehatan

Dalam mata kuliah ini kamu akan mempelajari cara menganilisis sistem informasi kesehatan menggunakan teknologi informasi yang tersedia.

4. Kesehatan Lingkungan

Dalam mata kuliah ini kamu akan mempelajari tentang bahaya lingkungan fisik, kimia, biologi, dengan tujuan pencegahan dan perlindungan kesehatan masyarakat.

5. Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Dalam mata kuliah ini kamu akan mempelajari pengetahuan di bidang keselamatan dan kesehatan kerja (K3), sehingga mampu merumuskan cara penyelesaian masalah-masalah K3, baik dalam rumah sakit maupun pada masyarakat.

6. Manajemen Informasi Kesehatan

Dalam mata kuliah ini kamu akan mempelajari teknik pengelolaan informasi kesehatan dan sistem pelayanan manajemen informasi kesehatan.

7. Manajemen Pelayanan Kesehatan

Dalam mata kuliah ini kamu akan mempelajari manajemen pelayanan program kesehatan.

8. Manajemen Rumah Sakit

Dalam mata kuliah ini kamu akan mempelajari perihal manajemen rumah sakit, serta dapat mengevaluasi program dan kegiatan manajerial rumah sakit.

9. Promosi Kesehatan

Dalam mata kuliah ini kamu akan mempelajari analisis dan rencana strategi pendidikan kesehatan bagi masyarakat dalam upaya memecahkan masalah kesehatan.

 

Peluang kerja bagi lulusan jurusan Manajemen Rumah Sakit, di antaranya:

- Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Umum, Puskesmas,

- pegawai perusahaan swasta, rumah sakit milik swasta,

- pegawai di perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan, industri obat dan kesehatan,

- staf lembaga sosial masyarakat (LSM),

- dosen/pengajar, setelah menempuh studi S2, serta

- tenaga ahli: konsultan, strategic manager, marketing managerpublic relation di bisnis/manajemen rumah sakit.

 

 

Referensi:

http://mmr.umy.ac.id/?page_id=29
http://fkmui.wordpress.com/tentang-fkmui/
http://setiabudi.ac.id/web/index.php?option=com_content&view=article&id=76&Itemid=68


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi