Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   

Desain Produk


Desain Produk (Industrial Design) adalah suatu bidang ilmu dalam perencanaan dan perancangan barang untuk memenuhi kebutuhan manusia, yang bertolak dari kenyamanan pengguna dan perkembangan prinsip-prinsip industri yang melingkupinya.

 

Berikut adalah kelompok mata kuliah yang biasa menjadi bagian kurikulumnya:

 

Prospek karir setelah lulus jurusan Desain Produk sangat luas. Jika dikategorikan, terdapat tiga bidang kerja utama yang pada umumnya dapat dilakukan oleh seorang lulusan dari jurusan Desain Produk, yaitu:

Hasil dari desain kamu bisa menjadi tren baru atau mengubah gaya hidup semua orang baik di sekitarmu maupun di seluruh negeri.

 

“Mereka (peminat jurusan Desain Produk) harus benar-benar bisa menggambar, kreatif, analisisnya bagus. Ketika masuk kuliah, mereka akan bersaing dengan mahasiswa lainnya. Oleh karena itu, harus menjadi diri sendiri dan beda. Dan juga harus rajin mengerjakan tugas, ikut ujian dan lain-lain. Sekarang, lulusan dari fakultas seni rupa dan desain banyak yang sudah bisa mandiri, bisa membuka usaha sendiri,” kata Pak Yan Yan Sunarya, S.Sn., M.Sn, Dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB.

 

Teladan yang baik untuk Desain Produk adalah perusahaan apparel Exsport yang sudah menghasilkan berbagai inovasi dan kreativitas desain tas dan produk Exsport lainnya. Sudah menjadi prinsip Exsport untuk mendesain produk yang memberikan Functional dan Emotional Benefit, yaitu keuntungan fungsional dan emosional.

 

Desain menurut fungsi diterapkan saat mendesain kategori tas tertentu, misalnya tas laptop atau tas gunung. Tas laptop membutuhkan ruang yang sesuai dengan ukuran laptop dan ruang lainnya untuk menampung aksesoris seperti charger dan mouse; sedangkan tas gunung didesain untuk menampung barang-barang seperti botol minuman dan peralatan-peralatan pendakian. Untuk keuntungan emosional, kepuasan konsumen adalah factor utama dalam penentuan warna dan desain graphis yang sesuai trend, desain aksesories seperti zipper atau restleting, puller, dsb.

 

Inovasi selalu diimplementasikan semaksimal mungkin saat menghasilkan desain-desain baru seperti teknologi backsystem dan inovasi bahan/material yang lebih tahan lama, bisa juga inovasi dalam faktor pendukung seperti teknik pewarnaan. Head of Design di Exsport lah yang memberikan konsep dan tematik desain awal, yang nantinya akan direalisasikan oleh para desainer menjadi produk. Tim desainer Exsport kadang juga berkolaborasi dengan  komunitas lokal seperti Komunitas Analog Photography (Lomonesia) dan Komunitas Custom Doll (Pullip Doll, BJD & Blythe) sehingga proses desain jadi semakin menarik dan menyenangkan.

 

Referensi:

Anonim. 2008. “Tentang Desain Produk”, dalam http://www.produk.fsrd.itb.ac.id/?page_id=19 (Diakses 29 November 2013).

 

Narasumber:

Yan Yan Sunarya, S.Sn., M.Sn, Dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB

Harimula Muharam, Marketing Manager, Exsport

103).


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi