Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   

Administrasi Niaga/Bisnis


Sebelumnya, jurusan Administrasi Bisnis dinamakan Administrasi Niaga. Dengan adanya tuntutan jaman dan kebutuhan pengguna, maka jurusan Administrasi Niaga diubah menjadi jurusan Administrasi Bisnis berdasarkan SK. Menteri Pendidikan Nasional No. 116/D/O/2006 pada tanggal 6 Juli 2006.

 

Jurusan Administrasi Niaga/Bisnis adalah jurusan yang bertujuan menghasilkan tenaga professional dalam bidang administrasi secara umum, dan administrasi perusahaan secara khusus. Lulusan Administrasi Niaga/Bisnis diharapkan dapat menangani pekerjaan klarikal kantor secara efektif dan efisien, mengelola sarana prasarana kantor, memproses data secara akurat, mengelola informasi untuk menunjang pekerjaan kantor, mengelola organisasi, dan berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris, atau bahasa asing lainnya.

 

Berikut adalah beberapa contoh mata kuliah yang tersedia dalam kurikulum jurusan Administrasi Niaga/Bisnis secara umum:

Mempelajari cara pengurusan arsip, mulai dari pembuatan, lalu lintas dokumen, pencatatan, penerusan, pendistribusian, pemakaian, penyimpanan, pemeliharaan, pemindahan, dan pemusnahan arsip.

Mempelajari pengelolaan data dan informasi yang dilakukan secara teratur, sistematik, dan terus-menerus, mengikuti kegiatan organisasi dengan tujuan mencapai keberhasilan tugas organisasi yang bersangkutan.

Mempelajari cara berkomunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup verbal dan nonverbal untuk mencapai tujuan tertentu

Mempelajari penggunaan aplikasi spreadsheet dan database yang ada di dalam komputer untuk kepentingan administrasi kantor.

 

Metode pembelajaran yang ada dalam jurusan ini antara lain ceramah (kuliah) di dalam kelas, kerja praktik di laboratorium (laboratorium pengetikan manual, laboratorium pengetikan elektronik, laboratorium komputer, laboratorium simulasi bisnis, laboratorium bahasa Inggris, laboratorium kearsipan, dan laboratorium perkantoran), kuliah umum, studi ekskursi atau kunjungan ke perusahaan bisnis/industri, kerja praktik di perusahaan (magang), penulisan tugas akhir dan evaluasi.

 

Lulusan Administrasi Niaga/Bisnis memiliki peluang kerja yang luas, antara lain sebagai staf administrasi kantor, manajer administrasi, sekretaris eksekutif, resepsionis, customer service, corporate communicator, dan hubungan masyarakat (public relations) di bidang industri manufaktur, perdagangan, atau institusi pemerintah.

 

Referensi:

http://admbisnis.fisip.undip.ac.id/?page_id=209

http://admniaga.com/program-d3-administrasi-bisnis/gambaran-mata-kuliahkurikulum/

http://www.polban.ac.id/jurusan/administrasi-niaga/d3administrasibisnis.html


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi