Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   

Administrasi Negara/Publik


Administrasi Negara/Publik merupakan jurusan yang mempelajari seluk beluk tata cara pengelolaan administrasi. Beberapa materi yang dipelajari mahasiswa jurusan ini berkaitan dengan konsep dan teori organisasi, manajemen sektor publik, kepentingan publik dan kebijakan publik, serta metode dan teknik bagi penyelesaian masalah dalam penyelenggaraan administrasi publik.

 

Di akhir program perkuliahan, terdapat penjurusan atau konsentrasi ilmu administrasi yakni konsentasi pemerintahan daerah, konsentrasi administrasi pembangunan, serta konsentrasi kebijakan publik. Administrasi Negara/Publik dikenal dengan keunikan teori yang dilengkapi dengan praktek terjun langsung ke masyarakat, instistusi pemerintah, maupun perusahaan sebagai elemen dari negara.

 

Beberapa mata kuliah yang diajarkan di jurusan ini, di antaranya:

1) Pengantar Ilmu Administrasi Publik

Mata kuliah ini menjelaskan pengertian dasar administrasi, sejarah asal usul administrasi, filosofi administrasi, administrasi sebagai ilmu dan juga sebagai seni, sistematika ilmu administrasi, peran penting administrator, asas-asas administrasi, fungsi-fungsi administrasi, pengenalan teori administrasi, hingga pada pengenalan teori pembuatan keputusan. Mata kuliah ini juga membahas berbagai aspek studi ilmu administrasi yang berkembang pada situasi dan kondisi kontemprorer.

2) Hukum Administrasi Negara

3) Teori Organisasi

Mata kuliah ini membahas konsep dan pendekatan teori organisasi mikro dan makro, serta penerapannya pada organisasi publik, organisasi swasta, dan organisasi nirlaba.

4) Akuntansi Sektor Publik

Akuntansi Sektor Publik membahas tentang akuntansi terkini untuk sektor publik, pembagian dan metode pembukuan, serta proses pembukuan dan pembahasan soal-soal akuntansi sektor publik.

5) Administrasi Pembangunan

Mata kuliah ini membahas tentang beberapa konsep pembangunan, mencakup pembahasan mengenai isu-isu pembangunan dewasa ini dibahas dalam perspektif administrasi publik yang fokus pada isu-isu pokok pembangunan, di antaranya kemiskinan dan kesenjangan, kependudukan, kesehatan, pendidikan, daya beli, bantuan dan utang luar negeri, kesetaraan gender, dan lain sebagainya.

6) Sistem Administrasi Negara Indonesia

Mata kuliah ini membahas pengertian sistem administrasi negara Indonesia, sejarah asal-usul sistem administrasi negara Indonesia, filosofi sistem administrasi negara Indonesia, administrasi sebagai ilmu dan juga sebagai seni dalam sistem administrasi negara Indonesia. Mata kuliah ini juga membahas berbagai aspek studi ilmu administrasi publik yang berkembang pada situasi dan kondisi kontemprorer.

7) Kebijakan Publik

Mata kuliah ini membahas pengertian dan lingkup studi kebijakan publik, hubungan kebijakan publik dengan administrasi negara dan kepentingan publik, proses/siklus pembuatan kebijakan publik, faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan publik, analisis kebijakan publik, model-model analisis dalam proses pembuatan kebijakan publik, metode analisis kebijakan publik.

8) Sistem Pemerintahan Daerah

Mata kuliah ini mengurai sistem administrasi pemerintahan daerah yang meliputi administrasi eksekutif dan administrasi legislatif, termasuk otonomi daerah (arti penting otonomi daerah, filosofi otonomi daerah, kebijakan otonomi daerah, implementasi otonomi daerah, sisi kritis otonomi daerah dan memberikan wawasan tentang prospek otonomi daerah bagi pemerintah maupun legislatif daerah dalam konteks ilmu administrasi publik).

9) dan lain sebagainya

 

Setelah lulus dari pendidikan Administrasi Negara/Publik, mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan memperoleh gelar Sarjana Administrasi Publik (S. AP). Beberapa prospek kerja lulusannya, di antaranya dalam Badan Usaha Milik Negara (BUMN), instansi-instansi pemerintah, lembaga keuangan, dan lembaga pelayanan publik (swasta maupun pemerintah), sebagai anggota DPR, dosen (setelah mengambil studi S2), konsultan kebijakan, dan lain sebagainya.

 

 

Referensi:

http://ane.fisip.unpad.ac.id [diakses pada 5 Oktober 2012]

 


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi