Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   

Psikologi


Jurusan Psikologi merupakan kajian studi yang menyatukan ilmu eksakta (kedokteran) dan sosial. Jurusan ini mempelajari beragam teori-teori psikologi, sikap dan perilaku manusia, perkembangan manusia, juga pola pikir manusia. Teori-teori tersebut mewajibkan setiap mahasiswa Psikologi untuk dapat menerapkannya dalam praktek kehidupan sehari-hari. Keunikan mempelajari Psikolgi terletak pada kemampuan untuk belajar memahami kejiwaan diri sendiri, orang lain, juga lingkunganmu. Hal ini sangat membantumu untuk menjalin relasi dengan orang lain. Apa yang kamu pelajari, bisa menjadi cermin dirimu sendiri, misalnya belajar mengenai penyebab seseorang berperilaku A. Pengamatan tersebut menjadi refleksi untuk dirimu sendiri, apalagi jika kita berperilaku A.

Psikologi tidak hanya mengharuskan mahasiswanya belajar secara mandiri, tetapi juga berkelompok. Dalam tiap-tiap perkuliahan, jurusan Psikologi cenderung mengarah pada pembelajaran teori, tetapi teori tersebut juga dipahami dalam praktek berupa eksperimen mengenai sebuah objek. Materi-materi perkuliahan jurusan ini beragam, di antaranya Sejarah dan Teori Psikologi, Macam-Macam Kepribadian Manusia, Alat-Alat Tes Psikologi, Psikologi Umum, Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikologi Industri/Organisasi, Psikologi Seksual, Psikologi Kepribadian, Psikologi Sosial, Psikologi Massa, Psikologi Komunikasi, Psikologi Geriatri, Psikologi Perkembangan, Psikologi Kognitif, Psikologi Abnormal, Antropologi, Sosiologi, Filsafat, Statistika, Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, serta eksperimen.

Di pertengahan masa studi, mahasiswa diberi keleluasaan untuk lebih memfokuskan studi mereka ke beberapa pilihan penjurusan. Tentu saja pemilihan dilakukan berdasarkan minat dan keinginan mahasiswa. Penjurusan ini akan menolong mahasiswa untuk melakukan penelitian dalam rangka penulisan tugas akhir/skripsi. Beberapa pilihan penjurusan tersebut antara lain Psikologi Pendidikan,Psikologi Industri/Organisasi, Psikologi Klinis, Psikologi Sosial, dan Psikologi Terapan. Beberapa penjurusan juga memiliki prospek karir di bidang yang berbeda-beda, yakni:

Lulusan S1 Psikologi akan diberi gelar Sarjana Psikologi (S. Psi) setelah menyelesaikan studinya. Untuk berprofesi sebagai Psikolog, maka mahasiswa S1 jurusan Psikologi diwajibkan mengambil kuliah S2 kembali, dengan gelar Magister Psikologi (M.Psi).


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi