Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   

Manajemen Perhotelan


Manajemen Perhotelan adalah salah satu pilihan jurusan yang menarik untuk kamu yang memiliki minat akan sector kepariwisataan, khususnya di bidang perhotelan. Tidak hanya belajar tentang bagaimana mengelola pelayanan di bidang perhotelan, tetapi kamu akan diperlengkapi untuk mempunyai keahlian manajerial (mengatur dan merancang) operasional hotel, kemampuan berbahasa asing dan kemampuan mengelola bisnis perhotelan. Tentunya jurusan ini akan mengembangkan pendidikan akademik mahasiswa melalui praktik dan pembahasan teori.

Jika kamu memiliki kemampuan memasak, dapat berkomunikasi di depan umum, memiliki kemampuan berbahasa asing, dan ingin menjadi Manajer di sebuah hotel, jurusan Manajemen Perhotelan adalah jawabannya. Di jurusan ini kamu akan ditantang untuk mengelola bidang perhotelan dengan baik.

Terdapat berbagai mata kuliah khusus yang berkaitan tentang perhotelan, yang akan dipelajari dalam jurusan ini, misal:

Mata kuliah ini akan mengajarkanmu cara memaksimalkan pengelolaan seluruh sumber daya yang ada secara efektif dan efisien, guna mendukung visi dan misi hotel untuk menyajikan produk dan pelayanan kepada tamu. Sasaran dari House keeping adalah menjaga kebersihan, kerapihan, serta kenyamanan bagi tamu yang menginap. Hal ini dilakukan dengan cara:

  1. Mempersiapkan dan membersihkan kamar-kamar hotel,misal: belajar memasang bed cover dan sprei dengan baik dan benar, membersihkan isi kamar dengan detail.
  2. Membuat laporan house keeping
  3. Melaporkan fasilitas kamar yang harus diperbaiki atau diperbaharui

 

Front Office adalah bagian pusat informasi yang berfungsi untuk menerima tamu dan melayani dengan baik sampai proses pemesanan kamar dilakukan. Di mata kuliah ini kamu akan belajar:

  1. Menerima tamu dengan baik dan sesuai dengan kode etik
  2. Memberikan informasi mengenai fasilitas hotel dan jenis kamar yang tersedia
  3. Membuat daftar pesanan kamar yang sudah dipesan dan menghubungi house keeping untuk mempersiapkan kamar
  4. Menerima komplain tamu danmelaporkan komplain pad amanajer operasional
  5. Menerima pembayaran dari tamu

 

Food and beverage adalah bagian dari hotel yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap pelayanan makanan dan minuman serta kebutuhan lain yang terkait, dari para tamu yang tinggal maupun yang tidak tinggal di hotel tersebut dan dikelola secara komersial serta profesional. Mata kuliah ini memberikan ilmu dan praktik dalam tata hidangan makanan dan minuman. Food and Beverage merupakan bagian yang memproduksi, menyajikan, dan menjual makanan serta minuman.Tak usah khawatir, karena mata kuliah ini akan dipelajari mulai dari nol. Bagi yang tidak terbiasa dengan memasak, kamu akan belajar mulai dari teknik dasar memasak. Bagi kamu yang mahir dan hobi memasak, tentunya kamu akan menyukai mata kuliah ini.

Pastry and Bakery adalah salah satu pengolahan dan penyajian makanan, khususnya mengolah dan menyajikan berbagai jenis kue.Kamu akan mempelajari tentang seluk beluk pengolahan sampai penyajian kue, roti, cake, pastry, cookies

 

Di mata kuliah ini kamu akan belajar mengelola dapur yang professional untuk bisnis perhotelan.

Tak hanya itu, mahasiswa akan diperlengkapi dengan mata kuliah penunjang yang tidak kalah pentingnya jika kamu akan mengelola bisnis perhotelan, antara lain:

Tujuan dari jurusan Manajemen Perhotelan adalah menghasilkan sumber daya manusia yang mempunyai spesifikasi sebagai berikut:

  1. Memahami dasar-dasar pengetahuan di bidang perhotelan, manajemen, dan akuntansi dalam praktek bisnis perhotelan
  2. Mampu dan terampil melaksanakan inti bisnis perhotelan yang meliputi front office, house keeping, laundry, pastry and bakery, bar, servive, safety, hygine, dan sanitasi.
  3. Mampu dan terampil mengelola administrasi manajemen hotel (pemasaran, keuangan, operasi, dan sumber daya manusia sesuai dengan perkembangan teknologi informasi
  4. Mampu berkomunikasi secara profesional dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Kemampuan lain yang harus kamu miliki jika ingin memiliki jurusan ini adalah punya kemampuan bekerjasama dalam tim dengan baik, ketelitian, dan kedisiplinan.

Oleh Monica Diahtantri, A.Md.

Referensi:

http://tatagraha.com/hubungan-housekeeping-dengan-front-office/ (diakses pada 3 September 2012)

http://www.majalahpendidikan.com/2011/11/pengertian-food-and-beverage.html (diakses pada 3 September 2012)

http://perhotelan.petra.ac.id/  [diakses 3 September 212]

http://manajemen.feb.unair.ac.id/program-studi-d3/d3-perhotelan  [diakses 3 September 212]


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi