Email:       Kata Sandi:    Selalu Ingat Saya    Lupa Kata Sandi?     Or   

Keperawatan


Perawat adalah profesi yang fokus pada perawatan individu, keluarga, serta masyarakat sehingga mereka dapat mencapai, mempertahankan, atau memulihkan kesehatan dan kualitas hidup yang optimal, dari lahir sampai mati. Berbeda dengan bidang ilmu lain yang sebagian besar dapat dipelajari sendiri atau dengan mengikuti kursus, untuk dapat menjadi seorang perawat, kamu harus mengenyam pendidikan Ilmu Keperawatan terlebih dahulu, baik D3 atau S1. Studi D3 ditempuh selama enam semester, sedangkan S1 delapan semester. Perbedaannya terletak pada praktik klinik yang pada umumnya lebih banyak dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswi D3.

 

Mata kuliah yang diajarkan di jurusan Keperawatan pada umumnya telah didistribusikan sedemikian rupa setiap semester (model paket). Yang dipelajari antara lain teori keperawatan, etika dan hukum kesehatan, manajemen pelayanan kesehatan, anatomi manusia, fisiologi, biokimia, patologi anatomi, metodologi keperawatan, epidemologi, dan farmakologi untuk perawat.

 

Kompetensi yang diharapkan untuk menjadi seorang perawat bukan hanya kemampuan akademis, tapi juga kemampuan dalam bidang perawatan pasien dan tindakan medis tertentu. Oleh karena itu, mata kuliah teori yang diajarkan dalam jurusan Keperawatan selalu diiringi dengan praktikum, baik di laboratorium maupun praktik langsung di lapangan (puskesmas, klinik, rumah sakit).

 

Peminatan dalam jurusan Keperawatan dapat diambil saat menjalani kuliah profesi. Sebagian besar peminatan dibedakan berdasarkan jenis penyakit/trauma yang dialami pasien. Berbeda penyakit/trauma, berbeda pula cara perawatan dan penangannya. Berikut beberapa contoh peminatan yang tersedia:

  1. Keperawatan Medikal Bedah
  2. Keperawatan Anak
  3. Keperawatan Maternitas
  4. Keperawatan Gerontik
  5. Keperawatan Jiwa
  6. Keperawatan Gawat Darurat
  7. Manajemen Keperawatan
  8. Keperawatan Keluarga dan Komunitas.

 

Setelah lulus dari studi, tentu saja lulusan Keperawatan dapat bekerja sebagai perawat, baik di rumah sakit, puskesmas, klinik, atau praktik dokter. Selain itu, dibuka pula kesempatan untuk yang berminat menjadi tenaga pendidik (dosen) atau staf manajemen rumah sakit/lembaga kesehatan.

 

 

Referensi:

http://id.wikipedia.org/wiki/Perawat

http://www.unikadelasalle.ac.id/51_kurikulum_ilmu_keperawatan.html


Silakan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar


Kamu berasal dari :


Pilih kota



Jika kotamu tidak terdaftar, pilih propinsi